Jajaran KUA IV Jurai Terus Berupaya Berbagi Ilmu Agama Dengan Warga Sekitar

Jajaran KUA IV Jurai Terus Berupaya Berbagi Ilmu Agama Dengan Warga Sekitar

Painan, Humas-Berbagi ilmu agama dengan warga sekitar, merupakan sebuah kegiatan yang terus dilakukan jajaran KUA  Kecamatan IV Jurai. Kegiatan tersebut salah satu inovasi di masa pandemi corona, bagi penyuluh agama  KUA setempat.

"Alhamdulillah program tersebut hingga kini masih berjalan dengan baik. Para peserta yang terdiri dari ibuk-ibuk lansia cukup respon mengikuti pengajian."Sebut Fatmi, Penyuluh Agama Islam Fungsional yang juga salah satu  inisiator kegiatan itu pada Selasa (2/3).

Dikatakan Fatmi, Kegiatan yang dilakukan di pondok lesehan KUA IV Jurai tersebut diagendakan tiga kali dalam seminggu.

 "Pengajian kita laksanakan setiap Senin, Selasa dan Rabu pagi," terang Ketua DW KUA Kecamatan Bayang tersebut.

Kegiatan pengajian bagi ibuk lansia yang tinggal dekat dengan kantor KUA IV Jurai itu mengajarkan berbagai ilmu keagamaan.

Adapun ilmu yang diajarkan jelas Fatmi, antara lain. Baca Al-Quran, tata cara shalat, berwudu' dan ilmu tentang ibadah lainya.

"Kita bersama kawan-kawan penyuluh agama yang ada secara bergantian untuk berbagi ilmu dengan peserta pengajian,"pungkas Fatmi.

Program keagamaan yang digelar oleh penyuluh agama KUA IV Jurai tersebut didukung penuh Kepala KUA Betriadi. Mantan Ka. KUA Kecamatan Silaut  tersebut berharap kegiatan itu bisa terus berlanjut di masa mendatang.

"Kita sebagai Kepala KUA terus untuk mendorong,agar para ASN di KUA ini bisa terus berinovasi," ungkap Betriadi.

Sementara itu Penyuluh Agama Fungsional, KUA IV Jurai, Tengku Iskandar, juga mengatakan bahwa pihaknya juga senang bisa berbagi ilmu dengan warga. Penyuluh yang baru pindah tugas sejak Januari 2021 dari Propinsi Kepulauan Riau (Kepri) tersebut  siap untuk menjadikan kegiatan pengajian itu sebagai salah satu ladang amalnya.

"Kita sudah empat kali turut memberikan pengajian pada ibuk-ibuk tersebut. Insyaalah kita siap selalu untuk berbagi ilmu dengan warga yang membutuhkan,'ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, dua orang peserta  pengajian. Yakni, Marlis (58 )tahun dan Nurseha (70) tahun mengaku senang dengan adanya kegiatan pengajian di KUA IV Jurai itu.

"Kami sangat senang bisa mengaji, belajar tata cara shalat yang benar dan ilmu agama lainya. Insyaalah kami akan berupaya untuk bisa terus hadir untuk belajar," ucap keduanya. (Dodi)