Pemerintah Nagari Koto Rawang Sambut Baik Sosialisasi Persyaratan Nikah oleh KUA IV Jurai

Pemerintah Nagari Koto Rawang  Sambut Baik Sosialisasi Persyaratan Nikah oleh KUA  IV Jurai

Painan, Humas-Pemerintah Nagari Koto Rawang, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan. Menyambut baik kegiatan sosialisasi, tentang peraturan nikah dan Pencegahan nikah siri oleh Kantor Urusan Agama (KUA) setempat yang digelar pada Selasa (2/3). Acara tersebut dilakukan di aula kantor wali nagari tersebut.

"Atas nama Pemerintah Nagari Koto Rawang, kita mengucapkan terima kasih pada jajaran KUA IV Jurai. Pada kesempatan ini berkenan hadir ke nagari ini dalam rangka sosialisasi tentang persyaratan nikah." Ucap Wali Nagari Koto Rawang, Derijol. 

Dalam sambutannya pada acara sosialisasi tersebut. Wali Nagari Derijol mengatakan. Selama ini memang banyak persoalan tentang pernikahan di nagari itu. Terutama kesulitan warga  dalam melengkapi persyaratan untuk nikah di KUA.

"Selama ini cukup banyak permasalahan terkait dengan persyaratan nikah yang kita hadapi di nagari. Seperti adanya warga yang nikah di bawah umur," terangnya.

Justru itu, sebagai Wali Nagari Derijol berharap, dengan adanya sosialisasi tentang persyaratan nikah dari KUA ini dapat menambah wawasan bagi peserta. Selanjutnya, ia berharap ke depan,informasi yang diperoleh dalam kegiatan tersebut dapat di sampaikan pada masyarakat.

Sementara itu, Kepala KUA IV Jurai, Betriadi. Dalam kesempatan sosialisasi tersebut mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat. Terutama bagi warga yang sulit untuk melengkapi persyaratan nikah,  sesuai dengan Undang-Undang Perkawinan  yang berlaku di negara ini.

"Nikah di bawah umur, adalah salah satu persoalan yang sering dijumpai di wilayah kecamatan ini. Barang kali karena ketidak mampuan warga untuk melengkapi persyaratan.  Akhirnya mereka menempuh jalan alternatif dengan melakukan nikah liar yang tidak tercatat di KUA."terang Ka KUA.

Kegiatan sosialisasi tentang persyaratan nikah yang dilakukan oleh KUA IV Jurai tersebut juga di respon baik oleh tokoh masyarakat setempat yang hadir. Bahkan berbagai pertanyaan dan masukan seputar pernikahan bermunculan dari peserta sosialisasi saat diskusi dilakukan.

Hadir dalam acara sosialisasi tersebut, Ketua Bamus Koto Rawang, Jafri. Sekretaris Nagari, Disel Manto, para perangkat nagari, Niniak Mamak,tokoh masyarakat dan undangan lainnya. Selama kegiatan sosialisasi berlangsung peserta dapat mematuhi protokol kesehatan. (Dodi)