Kakan Kemenag Sambut Hangat Kunjungan Bupati Pessel

Kakan Kemenag Sambut Hangat Kunjungan Bupati Pessel

Painan, Humas -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan mendapat kunjungan Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, Selasa (2/3).

Suasana akrab tampak terlihat dari kunjungan silaturahmi tersebut, dimana antara bupati dan kakan kemenag sudah saling berkomunikasi terutama dalam hubungan kerja.

Silaturahmi yang dilakukan Bupati ke Kankemenag Pesisir Selatan ini dalam rangka menguatkan tali silaturahmi antar instansi pemerintah yang ada di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan. 

Bupati memberikan respon positif terhadap kinerja dari Kankemenag Pesisir Selatan yang selalu semangat dan penuh inovasi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan baik.

Dalam pertemuan itu nahkoda baru Pesisir Selatan tersebut berharap agar Kankemenag sinergi dengan pemerintah dalam segala hal utamanya di bidang keagamaan dan pembinaan akhlak bagi anak-anak sebagai generasi penerus di Pesisir Selatan.

"Banyak tugas berat dan mulia yang harus kita selesaikan bersama, dan hal itu menjadi tugas seluruh komponen masyarakat termasuk Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dan jajaran Kantor Kementerian Agama dalam rangka menyelamatkan generasi muda Pesisir Selatan," ujarnya.

Rusma Yul Anwar betul-betul ingin generasi penerus Pesisir Selatan mempunyai akhlak yang mulia nantinya yang harus dimiliki oleh setiap muslim semestinya.

"Saya sangat inginkan anak-anak sebagai generasi penerus Pesisir Selatan ini kelak baik akhlaknya," ungkap bupati.

Bupati Rusma Yul Anwar juga berharap masukan dan saran dari kepala kantor kementerian agama, terkait dengan mata pelajaran pendidikan agama pada sekolah-sekolah umum yang ada di Pesisir Selatan.

Bupati mengusulkan juga untuk mengadakan perlombaan menulis Al Qur'an, dan membangun serta membangkitkan lagi nilai-nilai kembali ke surau.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, Abrar Munanda menyatakan komitmennya untuk menjaga harmonisasi dan sinergitas antara Kementerian Agama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan.

"Kami Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan dan jajaran mendukung sepenuhnya visi dan misi Kabupaten Pesisir Selatan, serta misi bupati dalam membangun manusia yang berakhlak khususnya anak-anak sebagai generasi penerus ke arah yang lebih baik.

Menanggapi apa yang diusulkan bupati, kakan kemenag menyarankan untuk melakukan internalisasi nilai-nilai spritual ke seluruh mata pelajaran pada sekolah-sekolah di Pesisir Selatan.

Selanjutnya kakan kemenag menyambut baik niat bupati untuk membangun Pusat Kajian Islami di Islamic Center.

Pada kesempatan tersebut Kakankemenag juga menjelaskan terkait dengan delapan program inovasi Kankemenag Pessel yang telah diluncurkan pada tahun 2020 lalu.

"Salah satu program inovasi ini akan kami masukan nantinya ke ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) yang diadakan oleh Kemenpan RB," jelas kakan kemenag.

"Saat ini kami, kantor kementerian agama juga menjadi Pilot Project pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani, kami juga mohon dukungan dari pemerintah daerah terkait hal ini," ujar kakan kemenag. (zn)