Hasil Audit Kinerja Dana BOS Kemenag Lima Puluh Kota Raih Nilai 82,074

Hasil Audit Kinerja Dana BOS Kemenag Lima Puluh Kota Raih Nilai 82,074

Sarilamak, humas--Tim auditor Inspektorat Kemenag RI telah melakukan audit kinerja program Bantuan Dana Sekolah (BOS) tahun anggaran 2020 pada sepuluh Madrasah dilingkungan kerja Kemenag Lima Puluh Kota. Bertempat di Aula VIP Kemenag Lima Puluh Kota (02/03) Tim auditor melaksanakan exit meeting, kegiatan strategis tersebut dihadiri langsung Kakan Kemenag Lima Puluh Kota serta pimpinan madrasah yang menjadi objek audit.

Roikhatul Azizah Pengendali Teknis didampingi Eulis Nurfaidah Ketua Tim Audit dalam eksposnya menjelaskan, “dalam pelaksanaan audit Kinerja Program BOS ada beberapa komponen yang harus dievaluasi untuk memastikan penggunaan dana BOS pada Madrasah sesuai dengan juknis dan aturan yang berlaku, adapun komponen-komponen audit itu terdiri dari tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, tepat guna dan tepat administrasinya pelaporanya," terang Azizah.

Lebih lanjut dijelaskan, “berdasarkan hasil audit terhadap sepuluh madrasah yang menjadi objek audit, secara umum program bantuan dan BOS pada madrasah tersebut, sudah berjalan sesuai dengan juknis yang ada, namun masih ditemukan beberapa kekurangan administrasi yang perlu dibenahi kedepanya, seluruh catatan perbaikan tersebut harus menjadi perhatian serius dari seluruh stakeholder yang ada," tegas Srikandi dari Cirebon ini.

“Terakhir saya sampaikan ucapan selamat kepada jajaran Kemenag Lima Puluh Kota yang berhasil meraih nilai rata-rata 82,074 untuk audit kinerja dana BOS dengan peringkat baik, tentu saya berharap capain tersebut dapat menjadi motivasi perbaikan bagi seluruh madrasah yang ada," simpulnya.

Sementara itu H.Naharudin Kakan Kemenag Lima Puluh Kota dalam sambutanya menyampaikan, ”atas nama pribadi dan pimpinan lembaga saya sampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh tim audit yang telah melakukan pembinaan dalam bentuk kegiatan audit kinerja BOS pada madrasah di Lima Puluh Kota."

"Madrasah sebagai pihak penguna dana BOS, tentu perlu dilakukan audit internal agar program dana BOS tersebut memiliki nilai manfaat yang terukur dalam meningkatkan kualitas pendidikan," jelas Alumni Candung ini.

Terkait dengan hasil audit Kakan Kemenag menyampaikan, ”beberapa catatan perbaikan yang telah direkomendasikan oleh tim audit secepatnya harus ditindak lanjuti secara bersama-sama. Saya tegaskan kepada seluruh jajaran untuk secepatnya menuntaskan hasil tindak lanjut hasil audit," tegas Bapak mudah senyum ini.

“Saya sampaikan apresiasi kepada seluruh madrasah yang sudah diaudit dengan capaian nilai rata-rata 82,074 nilai tersebut merupakan hasil kerja keras dan kerja sama seluruh jajaran madrasah, kedepanya saya berharap hal tersebut dapat ditingkatkan dan di perkuat lagi," simpul Kakan Kemenag.

Secara rinci nilai hasil audit kinerja BOS pada madrasah Lima Puluh Kota sebagai berikut, MAS Al-Kautsar 84,681. MAS Lareh Sago Halaban 80,834. MAS TI Tabek Gadang 84,247. MTsN 2 Lima Puluh Kota 81,978. MTsN 5 Lima Puluh Kota 81,80. MTsN 7 Lima Puluh Kota 80,002. MTsS Tabek Gadang 82,905. MTsS Fastabiqul Khairat 80,635. MTsS Koto Tangah 82.846. MIN Lima Puluh Kota 80,807.