126 siswa MTsN 4 Liko Ikuti Try Out

126 siswa MTsN 4 Liko Ikuti Try Out

Lima Puluh Kota, humas--Memasuki hari ke tiga pelaksanaan Try Out (TO) untuk kelas siswa kelas IX di MTsN 4 Lima Puluh Kota, masih berjalan lancar. Ditinjau pada Rabu (3/3) oleh Kepala MTsN 4 Lima Puluh Kota, Moh. Arief Hidayat, menyatakan disetiap lokal ujian siswa masih semangat mengerjakan soal-soal.

Arief yang didampingi Wakil Kepala Kurikulum, Ulfa Indra, menyebutkan bahwa pelaksanaan TO sudah sesuai dengan Kalender Pendidik MTsN 4 Lima Puluh Kota. “Apa yang dilaksanakan oleh panitia pelaksana ujian TO, ini sudah sesuai dengan prosedur dan Kalender Pendidikan MTsN 4 Lima Puluh Kota. Dan tentukan kita juga merujuk Kalender Pendidikan yang dikeluarkan Oleh Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat,” jelas Arief.

“Masa pandemi ini memang sulit mengatur pembagian jam PBM, karena kita diikat oleh aturan pembelajaran pada masa pandemi. Namun demikian, kita tentu berusaha semaksimal mungkin agar materi-materi tertuntaskan dan sampai kepada siswa dengan baik, dengan tetap menerapkan 5M, termasuk juga dalam pelaksanaan TO ini, kita tetap menekankan pelaksanaan protokol kesehatan,” imbuh putra Tegal ini.

Arief berharap, pelaksanakaan TO berjalan dengan lancar hingga akhir jadwal. “Harapan kita TO ini berjalan lancar hingga akhir jadwal nanti. Kita juga menginginkan dengan pelaksanaan TO bisa meningkatkan kwalitas dalam pemahaman materi-materi yang telah diberikan para guru, sehingga mereka tidak kesulitan dalam menghadapi Ujian Akhir nanti,” harap Arief.

Disinggung mengenai pelaksanaan Ujian Nasional tahun ini, Arief menjelaskan masih menunggu aturan dari pusat. “Pelaksanaan UN tahun ini kita masih menggu surat dari Kementerian Pendidikan dan Kementerian Agama. Yang jelas kita persiapkan siswa dulu agar mereka siap dan mantap menghadapi ujian,” pungkas Arief.

Ulfa Indra, Waka Kurikulum, saat dikonfirmasi terkait masalah kepersertaan ujian menjelaskan, total peserta TO sebanyak 126 orang. “Total siswa kelas IX berjumlah 126 orang. Alhamdulillah semuanya bisa ikut. Terdiri dari 60 siswa dan 66 siswi. Untuk pelaksanaan ujian kita laksanakan selama sebelas hari, dan sudah dimulai semenjak tanggal 1 Maret kemarin. Empat hari untuk TO mata pelajaran umum dan tujuh hari untuk mata pelajaran agama,” jelas Ulfa.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini kita kembali menggandeng PrimaSmart Payakumbuh dalam penyediaan soal TO. Jauh hari kita sudah tekan MoU dengan pihak PrimaSmart Payakumbuh. Agar penyediaan soal dan kelengkapan lainnya sesuai dengan jumlah peserta TO,” tutup Ulfa.(Nina)