Polres Payakumbuh Gelar Sosialisasi Kenakalan Remaja dan Pelanggaran Umum Oleh Generasi Muda

Polres Payakumbuh Gelar Sosialisasi Kenakalan Remaja dan Pelanggaran Umum Oleh Generasi Muda
Polres Payakumbuh Gelar Sosialisasi Kenakalan Remaja dan Pelanggaran Umum Oleh Generasi Muda

Payakumbuh, Humas---Dalam meningkatkan peran generasi muda guna mengantisipasi kenakalan remaja, Satuan Binmas Polres Payakumbuh yang dipimpin Kanid Bintibmas (Pembinaan Ketertiban Masyarakat), Dorri Oktora, gelar sosialisasi tentang kenakalan remaja dan pelanggaran yang umum dilakukan oleh generasi muda dewasa ini.

Acara yang digelar di Mushalla Al-Jihad MTsN 1 Kota Payakumbuh pada Rabu, 3 Maret 2021 dihadiri oleh Waka Humas, Junaidi, Waka Kesiswaan, Eka Putra beserta beberapa orang guru pendamping untuk 2 kelas putra dan 2 kelas putri sebagai perwakilan seluruh siswa MTsN 1 Kota Payakumbuh.

Dalam sambutannya Waka Kesiswaan, Eka Putra menyampaikan, "harusnya sosialisasi ini dihadiri oleh seluruh siswa MTsN 1 Kota Payakumbuh, tapi karena kondisi kita yang masih dalam suasana covid 19 dimana kita harus menghindari kerumunan dan penumpukan massa jadi kegiatan ini hanya diwakili oleh 2 kelas putra dan 2 kelas putri, merekalah nanti yang menjadi perpanjangan lidah polres Payakumbuh dalam melanjutkan sosialisasi pada siswa yang lain," ujarnya.

Paparan yang disampaikan oleh Bripka Zaki Mubaraq dari Satuan Binmas Polres Payakumbuh, merupakan paparan yang singkat,  lugas, padat, dan berisi. Pada penjelasannya Bripka Zaki memaparkan 4 pelanggaran yang umum dilakukan oleh generasi muda dewasa ini yaitu pelanggaran lalu lintas, pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba, dan tawuran antar pelajar.

Cara penyajian yang santai yang didukung dengan gambar yang menarik sebagai media penyampaian informasi, membuat siswa MTsN 1 Kota Payakumbuh mengerti dan memahami dampak negatif dari pelanggaran yang sering dilakukan generasi muda dewasa ini.

Usai sosialisasi, salah seorang siswa yang juga merupakan pengurus OSIM MTsN 1 Kota Payakumbuh, Tharisa Najwa Syifa, menyampaikan, diantara 4 pelanggaran yang umum dilakukan oleh generasi muda sesuai paparan dari bripka Zaki, pelanggaran yang sering dilakukan oleh siswa MTsN 1 Kota Payakumbuh menurut saya adalah menyangkut pelanggaran lalu lintas.

Beberapa orang siswa terpaksa harus membawa kendaraan sendiri ke madrasah karena tidak bisa diantar oleh orang tua atau tidak bisa naik angkutan umum, sementara mereka belum memiliki SIM yang merupakan bukti registrasi dan identifikasi  yang diberikan oleh Polri sebagai syarat untuk mengemudikan kendaraan bermotor. Sedangkan pelanggaran lain seperti pergaulan bebas, tawuran, dan penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oleh siswa MTsN 1 Kota Payakumbuh, tidak pernah  saya dengar selama ini, ujarnya. (NOVI)