MAN 2 Solsel Gelar Promosi Madrasah Bertajuk Seminar Pendidikan

MAN 2 Solsel Gelar Promosi Madrasah Bertajuk Seminar Pendidikan
MAN 2 Solsel Gelar Promosi Madrasah Bertajuk Seminar Pendidikan

Lubuk Gadang, Humas—Memasuki pertengahan Tahun Pelajaran 2020/2021, MAN 2 Solok Selatan mulai melaksanakan kegiatan sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Berbagai kegiatan telah dirancang Kepala Madrasah bersama dengan tim PPDB dalam rangka sosialisasi tersebut, salah satunya adalah kegiatan seminar motivasi pendidikan yang diadakan di MTsN 2 Solok Selatan, Rabu (03/1).

Kegiatan seminar dibuka Al-Uska Kepala MTsN 2 Solok Selatan. Ia mengapresiasi kegiatan seminar motivasi pendidikan yang diadakan MAN 2 Solok Selatan. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan seminar motivasi pendidikan ini. MAN 2 sekarang dibawah kepemimpinan Bapak Amri sudah semakin maju dan banyak membawa perubahan ke arah yang lebih baik, terbukti dengan status MAN 2 Solok Selatan yang sejak tahun 2019 sudah berubah menjadi MAN 2 plus keterampilan,” tambahnya.

Kepala MAN 2 Solsel, Amri J dalam sambutannya menambahkan, ”Alhamdulillah MAN 2 Solok Selatan sudah berubah status menjadi MAN 2 plus keterampilan, dari 48 MAN yang ada di Sumatera barat hanya 7 MAN yang berstatus plus keterampilan. Keterampilan yang diajarkan adalah editing video termasuk didalamnya design grafis dan pengolahan tanaman kopi sampai menjadi bubuk kopi. Disamping itu MAN 2 Solok Selatan juga mendapatkan bantuan dari PU-PR tahun 2021 bersama dengan 3 madrasah lain di Sumatera Barat, sekarang sedang proses pembangunan”.

Sebagai nara sumber dalam kegiatan ini Trisnaldi Mulia, Wakil Kurikulum dan Zilfia Maharani Wakil Kesiswaan MAN 2 Solok selatan dengan tema “Strategi belajar asyik cara mudah menghafal pelajaran”, seminar ini ditujukan kepada siswa kelas IX yang lebih kurang 1 bulan lagi menghadapi ujian madrasah.

Trisnaldi mengatakan bahwa salah satu strategi dan metode yang dapat digunakan untuk memotivasi siswa belajar adalah metode hypno teaching. Hypno teaching adalah pembelajaran yang dalam meyampaikan materi pembelajaran, guru menggunakan teknik komunikasi yang sangat persuasif dan sugestif dengan tujuan agar peserta didik mudah memahami materi pembelajaran. Kegiatan seminar ini tetap memperhatikan protokol kesehatan mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. (NA/MasAdi)