MTsN 3 Agam Gelar Workshop Persiapan UM

MTsN 3 Agam Gelar Workshop Persiapan UM
MTsN 3 Agam Gelar Workshop Persiapan UM

BalingkaHumas – Kamis (4/3) MTsN 3 Agam gelar workshop pembuatan soal dengan tema meningkatkan lulusan yang berkualitas menuju madrasah hebat bermartabat mendunia. Acara workshop ini dihadiri sekaligus dibuka oleh Febrial selaku pengawas madrasah Agam bagian Timur. Sedangkan untuk pemateri, MTsN 3 Agam mendatangkan Ali Mutasar sebagai instruktur perwakilan Agam untuk pembuatan soal Ujian Madrasah.

Pada saat pembukaan workshop pengawas madrasah  menyampaikan beberapa hal terkait kewajiban dan amanah yang harus dijalankan selaku ASN di lingkungan Kemenag RI. Disamping itu, Febrial juga menegaskan bahwa tugas pengawas bukanlah untuk menggurui namun untuk berbagi dengan para guru di madrasah.

“ Pengawas tidak bertindak sebagai guru, melainkan untuk berbagi, saling berkoordinasi dan saling mengingatkan. Bersama kita wujudkan motto madrasah untuk menjadi madrasah hebat yang bermartabat melalui kedisiplinan, kejujuran, kepatuhan serta kekompakan dan kebersamaan,” papar Febrial.

Setelah pemberian arahan oleh pengawas madrasah, acarapun dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Ali Mutasar dengan topik pembuatan kisi – kisi dan soal yang sesuai dengan SK Dirjen Nomor 752 Tahun 2021 mengenai penyelenggaraan Ujian Madrasah. Pemberian materi dimulai dengan cara pembuatan analisis KD untuk selanjutnya diturunkan menjadi kisi – kisi soal dan menghasilkan produk akhir berupa soal Ujian Madrasah.

Masa pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini menyebabkan ketidakmerataan  di berbagai madrasah dan daerah. Proses PBM yang masih belum maksimal pun menjadi salah satu alasan terbesar perbedaan pencapaian di masing – masing madrasah. Tidak heran inipun menjadi landasan utama digelarnya Ujian Madrasah secara terpisah oleh masing – masing madrasah. 

Desmawita, Kepala MTsN 3 Agam pun menyampaikan kesiapan MTsN 3 Agam untuk menyelenggarakan Ujian Madrasah secara mandiri pada tahun ini.

“ Sesuai dengan SK Dirjen, Ujian Madrasah tahun ini diserahkan penyelenggaraannya kepada masing – masing madrasah termasuk dengan pembuatan soalnya. Dari pusat kita hanya memperoleh kisi – kisi untuk mapel PAI, itupun hanya untuk dijadikan pedoman dan harus disesuaikan dengan madrasah. Untuk keseragaman di madrasah, maka kita perlu menyamakan persepsi mengenai format dan isi cakupan kisi – kisi beserta soalnya. Alhamdulillah hari ini acara workshop pembuatan soal sukses kita laksanakan, mudah – mudahan MTsN 3 Agam bisa menyelenggarakan Ujian Madrasah sesuai harapan dan memperoleh hasil yang memuaskan,” ungkap Desmawita. (Deri)