Satu Kesulitan Seribu Jalan Keluar dari Allah

Satu Kesulitan Seribu Jalan Keluar dari Allah

Payakumbuh, Humas--Bertempat di Mushalla Baiturrahman, Jumat ( 5/3/21). Seperti biasa setiap hari Jum'at seluruh ASN pada lingkungan Kan Kemenag Kota Payakumbuh mendapat siraman ronahi, H. Hamdan Zubir sebagai ustad pada Wirid kali ini. Dihadiri Kasubbag TU, Kasi, JFT dan JFU pada Kan Kemenag Kota Payakumbuh.

Dalam ceramahnya H. Hamdan Zubir menyampaikan, Allah selalu memberikan kemudahan dari setiap kesulitan. Selalu memberikan jalan keluar dari setiap permasalahan. Di dalam surat Al-Insyirah ayat 5–6, Dia telah menegaskan, “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan. Kemudahan ini Allah berikan untuk hamba-Nya sebagai rahmat yang tidak terhingga nilainya."

"Allah berbuat demikian bukan berarti hendak menyusahkan makhluk-Nya, namun sebagai ujian agar hamba-Nya dapat meraup pahala dengan kesabarannya. Selain itu, kesulitan juga menjadi sebuah pelajaran agar bisa diambil hikmahnya dalam menjalani kehidupan selanjutnya, baik bagi dirinya maupun bagi orang lain," Ujarnya.

H. Hamdan Zubir mengatakan bahwa tanpa kesulitan, seseorang belum tentu menjadi kuat imannya. "Tanpa kesulitan, belum tentu seseorang menjadi cerdas. Tanpa kesulitan, belum tentu pula seseorang bisa belajar tentang arti penderitaan dan kebahagiaan. Tanpa kesulitan, belum tentu seseorang mengerti akan kebesaran Allah SWT. Kesulitan adalah laksana pintu yang mesti kita buka dengan agar kita bisa memasuki sebuah ruang yang luas dan bisa mendapatkan isinya yang melimpah ruah. Dan, kunci pembukanya adalah kesabaran," tutupnya.

Selanjutnya arahan dan sedikit tambahan dari H. Mustafa, Kasubbag TU Kan Kemenag Kota Payakumbuh menambahkan ulasan, "Allah punya caranya sendiri dalam memberikan kemudahan dan jalan keluar bagi setiap hambanya, baik berupa mukjizat, karomah, ma’unah, maupun cara-cara lainnya yang tidak terdefinisikan oleh kita. Allah akan mengabulkan permintaan kita jika kita berdoa. Allah akan mendekati kita, jika kita mendekatkan diri kepada-Nya. Allah akan menolong kita, jika kita berharap akan pertolongan-Nya. Akan ada seribu jalan keluar dari satu kesulitan yang diberikan untuk hamba-Nya yang bersabar," tuturnya.

Menutup arahannya H. Mustafa mengingatkan untuk tidak lupa menyerahkan LKH, agar segala yang menjadi Hak kita semua akan segera di realisasikan setelah kewajiban sebagai ASN kita tunaikan. Widya77