MAN 1 Agam Mantapkan Kesiapan Hadapi Ujian Madrasah Tahun 2021

MAN 1 Agam Mantapkan Kesiapan Hadapi Ujian Madrasah Tahun 2021

Maninjau Humas, Ujian Madrasah untuk kelas XII tingkat MA secara me Nasional  akan segera dihadapi, Ujian yang dilaksanakan setiap tahun di akhir pembelajaran semester genap ini banyak menyedot tenaga dan fikiran terutama tenaga pendidik. Tidak hanya berhubungan dengan pemantapan materi ajar juga dituntut untuk melahirkan kisi kisi mata pelajaran serta berlanjut kepada butiran soal ujian yang akan di sajikan kepada peserta didik, hal ini merupakan sebuah tantangan sekaligus momentum untuk pengembangan kecakapan guru dalam merakit soal ujian madrasah.

Untuk mempersiapkan jajaranya menghadapi ujian Madrasah di tahun pembelajaran 2020/2021 , Hari ini  Sabtu 6 Maret 2021 Mandrasah Aliyah Negeri 1 Agam dibawah kepemimpinan Azizul Hayati bersama  segenap majlis guru Mata pelajran menggelar kegiatan “Sosialisasi teknik penyususunan soal ujian Madrasah dan soal HOTS” di bimbing langsung oleh M. Syukur yang sebelumnya sudah mengikuti Bimtek selama 4 hari. Kegiatan sosialisasi ini dipusatkan pelaksanaanya di Kantor Majelis Guru mulai  dari jam 10.00 s/d 15.00. 

Azizul Hayati dalam sambutanya mengatakan kegiatan tersebut adalah wadah yang efektif dalam mentransformasikan beragam informasi berkisar tentang teknik penyusunan soal Madrasah dan soal HOTS, dan berharap semua materi yang telah diterima dari pemateri akan membuka jalan bagi guru Mata Pelajaran dalam menyusun soal ujian Madrasah terutama soal Hots.

Lebih lanjut Kepala Alyah Negeri 1 Agam ini menyampaikan apresiasinya kepada M. Syukur atas kontribusinya dalam membuka jalan untuk persiapan menghadapi ujian Madrasah di tahun ini”.

Dalam materinya Waka Kesiswaan ini menjelaskan teknik dalam penyusunan Soal ujian Madrasah dan diantara soal yang akan dilahirkan nanti punya Variasi dalam bentuk Level 1, Level 2 dan Level 3, serta bermuatan HOTS. Serta tahapan tahapan dalam menyusunnya.

“Penyampaian informasi tentang teknis ini, akan bisa dikembangkan oleh masing masing guru sesuai dengan Mata pelajaran yang di empu serta sesuai dengan tingkat pencapain kompetensinya, Level soal bergantung kepada Muatan materi dan tingkat kesulitan,” jelasnya.

Syafriadi guru mata pelajaran olah Raga menyambut gembira kegiatan sosialisasi ini, hasil konfirmasi dengan peraih juara 3 Lagu Religi tingkat Kabupaten Agam 2019 di Lingkungan PNS ini menyatakan ungkapan syukur. ”Alhamdulillah segala informasi yang berkaitan dengan penyusunan Kisi kisi dan soal HOTS ini, amat membantu kami selaku guru mata pelajaran dalam menuangkan imajinasi kedalam butiran soal," katanya.

Hal serupa juga diutarakan oleh Yulizar, guru PPKN. Ia menyebut ujian Tahun ini walaupun berbeda dengan tahun sebelumnya, justru menggiring kami selaku guru mata pelajaran untuk berinovasi dalam merancang, merakit serta melahirkan Kisi Kisi dan melahirkan soal ujian Madrasah dan soal HOTS.

Kegiatan yang berdurasi lebih kurang 4 jam ini ,berjalan dengan khidmat dan responsive dari peserta kegiatan, hal ini bisa dilihat dari antusias peserta dalam bentuk diskusi yang alot.

Taufiq selaku Wakil Kepala Bidang kurikulum mengatakan apa yang di suguhkan kepada kita pada hari ini ,disamping salah satu bentuk tanggung jawab akademis selaku peserta Bimtek,juga  merupakan buah yang dapat dipetik untuk menuntun guru mata pelajaran dalam pembuatan soal, yang bergantung kepada  muatan materi, level soal dan ranah proses berfikir peserta didik, tegasnya.( hasnan)