Kasubdit Kepenghuluan : Kedepannya Semua DUPAK Penghulu Berbasis Online

Kasubdit Kepenghuluan : Kedepannya Semua DUPAK Penghulu Berbasis Online

Payakumbuh, Humas--Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh dan Kementerian Agama Kabupaten 50 Kota melalui Seksi Bimas Islam mengadakan Sosialisasi Aplikasi Elektronik Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (E-DUPAK) jabatan fungsional penghulu, yang bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh, Senin (08 /3).

Acara dibuka oleh Kasubdit Kepenghuluan Kemenag RI H. Gufron. Acara ini dihadiri Kasubbag TU Kota Payakumbuh dan Kabupaten 50 Kota, Kasi Bimas dari Kementerian Agama Kota Payakumbuh dan Kabupaten 50 Kota. Dan peserta sosialisasi berjumlah 54 orang.

Membuka acara dan sekaligus memberikan arahan H. Gufron menyampaikan bahwa aplikasi Elektronik Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (E-DUPAK) yang diluncurkan agar penghulu dalam mengusul kenaikan pangkat.

Aplikasi E-DUPAK, dijalankan dengan memanfaatkan Aplikasi Sistem Informasi Kepenghuluan (SIK) pada Sistem Informasi Manajemen Bimas Islam (SIMBI) Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama RI.

“Ke depan tidak ada lagi DUPAK yang manual, semuanya sudah berbasis online,” tambahnya.

Selanjutnya Kasubbag TU Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh memberikan sambutan serta mengimbau kepada pihak Kantor Urusan Agama (KUA) di Kota Payakumbuh dan Kabupaten 50 Kota untuk segera merencanakan program dan penggunaan anggaran tahun 2021, sesuai dengan kebutuhan perbulannya.

"Hal tersebut untuk lebih mempermudah dalam melakukan penarikan dan pemanfaatan anggaran sesuai dengan target perencanaan," tuturnya.

“Dulu tiga bulan sekali, kali ini kita buat perencanaan sebulan sekali, agar penarikan akan lebih mudah dan tidak terkendala. Kita upayakan realisasi tahun ini memuaskan,” ungkapnya. Widya77