Maksimalkan Visitasi, MTsN 4 Pasaman Kembali Gelar Sosialisasi dan Persiapan Akreditasi

Maksimalkan Visitasi, MTsN 4 Pasaman Kembali Gelar Sosialisasi dan Persiapan Akreditasi

Bonjol--Humas Persiapan akreditasi MTsN 4 Pasaman masih terus berjalan. Tak hanya memenuhi dokumen yang terdapat dalam draft IASP (Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan) 2020, proses pembinaan untuk menyamakan persepsi peserta akreditasi pun turut digelar juga. Seperti yang terlihat di salah satu aula MTsN 4 Pasaman, Rabu (10/3).

Berdasarkan draft IASP (Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan) Tahun 2020, ada 4 komponen utama yang akan dinilai saat visitasi yaitu Komponen Mutu Lulusan, Komponen Proses Pembelajaran, Komponen Mutu Guru, dan Komponen Manajemen Sekolah. Seluruh komponen ini terdiri dari 33 butir inti yang mesti disiapkan indikatornya.

Hal inilah yang dibahas dalam rapat kerja persiapan akreditasi MTsN 4 Pasaman. Dan hari ini, dituntaskan dengan pembagian job kerja yang tertuang dalam SK Persiapan Akreditasi Madrasah tahun 2021.

Bertindak sebagai narasumber berasal dari LPMP (Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan) provinsi Sumatera Barat. Didampingi Kepala MTsN 4 Pasaman,Hj. Raflis, peserta sosialisasi tak hanya menerima materi saja, tetapi langsung bekerja menyiapkan dokumen yang dibutuhkan tiap-tiap instrumen. 

"Kita mulai cicil persiapan kita untuk visitasi Mei mendatang. Agar terlihat sejauh mana persiapan kita menghadapi visitasi nanti. Diharapkan kepada kita semua bekerja sama dan sama-sama bekerja. Tak bisa jika hanya mengandalkan satu atau dua orang saja. Kita harus benar-benar saling bekerja sama jika ingin mewujudkan nilai A untuk akreditasi ini. Karena layak atau tidaknya MTsN 4 Pasaman sebagai sebuah lembaga pendiikan, tentu tidak lepas dari tanggung jawab kita semua," jelas Hj. Raflis panjang lebar. (arya)