Usai Ikuti Seminar, Kakanwil Minta Peran Humas Makin Ditingkatkan

Usai Ikuti Seminar, Kakanwil Minta Peran Humas Makin Ditingkatkan

Padang, humas—Menindaklanjuti paparan yang disampaikan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas dalam Seminar Strategi Komunikasi, Sosialisasi Kebijakan dan Program Kementerian Agama yang diadakan Sekjen Kemenag RI via Zoom meeting hari ini Rabu (10/03), Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Hendri langsung mengumpulkan seluruh personil Humas dan Protokol pada Subbag Umum dan Humas Kanwil Kemenag Sumbar. 

Seminar yang menghadirkan narasumber pakar pemasaran Hermawan Kartajaya ini diikuti oleh Pejabat Eselon I dan II Kemenag. Seminar ini juga diikuti oleh Kepala Kanwil Kemenag serta Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) se-Indonesia. 

Pertemuan mendadak yang digelar Kakanwil usai mengikuti seminar tersebut bertujuan untuk membahas hal hal yang dirasa perlu dalam peningkatan Kinerja kehumasan. Pertemuan yang dilaksanakan di ruang kerja Kakanwil ini dihadiri juga oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sumbar, H. Irwan, Kasubag Umum dan Humas, Eri Gusnedi, Kasubbag Perencana, Data, dan Informasi, Tan Gusli.

Sesuai dengan penyampaian Menteri Agama dalam seminar tersebut bahwa Sebagai Humas, semua harus mampu mengkomunikasikan kebijakan dan program dan menjalin hubungan baik dengan stakeholders, maka Kakanwil menghimbau agar kedepannya humas harus lebih maksimal dan gesit, demi pencitraan lembaga.

Kakanwil menambahkan bahwa informasi yang disajikan humas harus bisa sampai ke masyarakat sehingga masyarakat tau berbagai kebijakan, prestasi, dan program program kerja yang ada di Kementerian Agama.  
“Kalau perlu kita jalin banyak kerjasama dengan berbagai media online, karena saat ini masyarakat lebih dominan memanfaatkan media online dalam mendapatkan informasi daripada melalui media cetak,” ujar Kakanwil. 

“Media online ini haruslah yang banyak diminati atau diikuti oleh masyarakat, karena nantinya akan jadi perpanjangan tangan kita dalam penyampaian informasi kepada masyarakat,” tegas Kakanwil. 

“Jangan sampai Kementerian kita yaitu Kementerian Agama yang merupakan Kementerian terbesar karena memiliki banyak satker menjadi kecil ditengah masyarakat karena kurangnya informasi yang mereka dapatkan, disinilah peran humas itu difungsikan,” ujarnya lagi. 

Kakanwil juga menyampaikan bahwa dalam seminar yang diikutinya tadi Menteri Agama menegaskan agar humas Kemenag juga harus mampu membuka diri dan mengidentifikasi saluran-saluran yang efektif sesuai untuk mengkomunikasikan tiap kebijakan yang diambil. 

“Dengan komunikasi yang baik, akan mengurangi misinterpretasi terhadap kebijakan-kebijakan yang sedang disusun maupun sedang dilaksanakan pemerintah. Hal ini  yang menurut Menag harus diterapkan di Kemenag, mengingat kementerian ini memiliki stakeholder paling luas,” tambah Kakanwil. 

“Informasikan segala hal yang terkait kebijakan, program apalagi prestasi kepada masyarakat, kalo perlu kita surati juga ke Kemenag Kabupaten Kota hingga ke Satker terkecil agar lebih meningkatkan peran humas dalam pencitraan lembaga,” ujar Kakanwil diakhir.[DW]