Pramuka Penegak Pangkalan MAN 4 Agam Melaksanakan Musyawarah Dewan Ambalan

 Pramuka Penegak Pangkalan MAN 4 Agam Melaksanakan Musyawarah Dewan Ambalan
 Pramuka Penegak Pangkalan MAN 4 Agam Melaksanakan Musyawarah Dewan Ambalan
 Pramuka Penegak Pangkalan MAN 4 Agam Melaksanakan Musyawarah Dewan Ambalan

Koto Kaciak, Inmas_Dewan Ambalan Pramuka Penegak  Buya Hamka dan Rasuna Said Gudep 09.111 – 09.112 Pangkalan MAN 4 Agam Rabu (10/3) melaksanakan rapat terbuka  untuk membahas agenda pergantian dewan ambalan. Agenda ini ini dikuti oleh 53 anggota pramuka penegak pangkalan MAN 4 Agam. Kegiatan ini dilaksanakan mencari penerus estapet organisasi kepramukaan  seiring berakhirnya jabatan pengurus ambalan masa bakti 2019/2020.

Kegiatan Rapat Dewan Ambalan Buya Hamka dan Rasuna Said Pangkalan MAN 4 Agam ini diadakan di ruang kelas XII MIA 1. Pembina Putra, Darmansyah dan Pembina Puteri, Nusantari  Putri Jaya pun ikut hadir mendampingi selama kegiatan berlangsung.

Darmansyah selaku pembina putra dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pengurus dan semua anggota pramuka penegak MAN 4 Agam yang telah mengabdikan diri dengan setulus hati demi kemajuan madrasah. “Buah dari kerja keras adik-adik selama ini menjaga kedisiplinan, menjaga kebersihan madrasah ini, hendaknya juga bisa adik-adik terapkan dalam kehidupan sehari-hari seusai adik-adik menamatkan pendidikan secara formal di madrasah ini,” ujarnya. Ia juga menyampaikan semangat dan motivasi kepada penerus pengurus struktural organisasi kepramukaan MAN 4 Agam ke depan. “Siapapun yang terpilih nantinya dalam musyawarah, berarti itulah yang terbaik yang akan menjalankan organisasi Gerakan Pramuka MAN 4 Agam ke depan. Pilihlah rekan-rekan adik-adik yang memang bisa menaungi adik-adik secara keseluruhan dan Pramuka MAN 4 Agam pada umumnya. Jalankanlah demokrasi dengan sebaik-baiknya karena ini adalah ajang untuk adik-adik belajar bagaimana cara berdemokrasi yang baik, ucap Darmansyah di akhir sambutannya.

Musyawarah Dewan Ambalan dipimpin langsung oleh Pradana masa bakti 2019/2020, Fadel Jemta Syukra.  Sebelum memulai pemilihan, Fadel selaku pimpinan rapat meminta pendapat forum tentang bagaimana teknis pemilihan dewan ambalan ini. Setelah mendengar masukan dari anggota rapat, maka ditetapkan sistem pemilihan Dewan Ambalan Gerakan Pramuka MAN 4 Aga dengan sistem bebas, rahasia, dan transparan.

Bebas yang dimaksud adalah semua anggota berhak mengusulkan siapa kandidat yang akan dipilih menjadi pengisi jabatan struktural dalam organisasi kepramukaan MAN 4 Agam. Sistem pemilihan dilaksanakan secara rahasia, yaitu dengan cara menuliskan nama kandidat dalam kertas yang disediakan. Transparan, yaitu perhitungan hasil pemilihan lansung dilakukan dihadapan semua anggota rapat yang hadir.

Berdasarkan data pencalonan yang tercatat ada 2 nama yang muncul yang akan mengisi jabatan Pradana, yaitu Syahrul Ihsan dan Fadli Akbar. Selanjutnya, ada 5 orang yang akan menjadi calon Pradani, yaitu Yulisa Rizkiani, Siti Nurul Aisyah, Aulia Permata Sari, Dira Putri Ayu, Izzatul Hasanah. Selanjutnya, semua calon pradani ini akan mendapatkan dukungan dari setiap anggota yang hadir. Setiap anggota diberi keleluasaan untuk memilih calon pradana dan pradani dengan menuliskan 1 nama calon pradana dan 1 calon pradani yang dipilih pada kertas yang disediakan.

Berdasarkan hasil penghitungan suara, didapatkan suara untuk maisng-masing kandidat sebagai berikut. Pertama, kandidat  Pradana, Syahrul Ihsan memperoleh 39 suara, sedangkan Fadli Akbar memperoleh 14 suara.  Kedua, kandidat Yulisa Rizkiani memperoleh 5 suara, Siti Nurul Aisyah memperoleh 19 suara, Aulia Permata Sari 8 suara, Dira Putri Ayu 15 Suara, dan Izzatul Hasanah memperoleh 6 Suara.

Berdasarkan hasil keputusan rapat Dewan Ambalan Pramuka MAN 4 Agam ditetapkan struktur kepengurusan organisasi kepramukaan ambalan Buya Hamka dan ambalan Rasuna Said masa bakti 2020/2021 sebagai berikut. Syahrul Ihsan sebagai pradana, Siti Nurul Aisyah sebagai pradani, Dira Putri Ayu sebagai Kerani I, Aulia Permata Sari Kerani II, dan Juru Uang Izzatul Hasanah.  Selanjutnya, ada tiga orang staf yang akan membantu jalannya kegiatan, yaitu Yulisa Rizkiani  Bidang Kegiatan dan Operasional, Fadli Akbar Bidang Teknik Kepramukaan, dan Ogi Saputra sebagai koordinator Litbang dan pengabdian masyarakat.

Semoga dengan terbentuknya kepengurusan organisasi kepramukaan ini membawa hal yang baru demi kesuksesan dan kemajuan pramuka MAN 4 Agam ke depan dengan selalu mengedepan silahturahmi dan komunikasi yang bagus diantara sesama anggota ambalan. “Dengan bersama-sama, kita pasti bisa mewujudkan keinginan bersama dalam hal memajukan Pramuka MAN 4 Agam dan mengharumkan nama madrasah kita ini, “kata Pradana dan Pradani terpilih dalam sambutanya sebelum acara rapat ditutup oleh pimpinan rapat. Darman