Hiking Pramuka MAN 1 Agam "Taklukan" Sajuta Janjang

Hiking Pramuka MAN 1 Agam "Taklukan" Sajuta Janjang

Maninjau Humas, Sebagai wujud dari cinta alam dan kasih sayang terhadap Alam, Tim Pramuka MAN 1 Agam sebanyak 98 siswa yang dikomandoi oleh Wakil Kepala Bidang Kesiswaan M.Syukur dan pembina lainnya kembali bertadabbur di alam terbuka.

Kegiatan ini dilaksanakan hari ini Sabtu 13 Maret 2021 dengan menjatuhkan pilihan jelajah lereng gunung Singgalang dengan melewati "Sejuta Janjang".

Kegiatan dalam rangka menumbuhkan cinta terhadap alam ini dikemas dalam kegiatan Hikiing, berkenaan dengan kegiatan wajib di Kepramukaan ini.

M.Syukur memberikan penjelasan Hikiing adalah satu kegiatan yang berlaku di pramuka, dimaksudkan agar anggota pramuka merasa akrab dengan alam serta melestarikan dan mencintainya sebagai wujud dari Cinta terhadap ciptaan Allah SWT, tidak hanya itu melatih fisik dan menerpa empati hal yang diutamakan.

Saat ditanya alasan menjatuhkan pilihan lokasi kelereng gunung singgalang,  Guru Matematika sekaligus perancang Kisi Kisi Matematika Ujian Madrasah tingkat MA ini menjelaskan, Merapi dan Singgalang merupakan gunung ternama di Indonesia yang saat ini jadi objek Wisata yang dikunjungi oleh wisatawan lokal dan asing, apalagi saat jalan menuju kesana sudah mudah di jalani berkat kerja keras dari pemerintahan Daerah setempat dan sekarang dijuluki dengan sebutan " Sejuta Janjang".

Kegiatan Hikiing yang diikuti oleh anggota pramuka Siswa MAN 1 Agam ini nantinya di puncak lereng Singgalang akan di laksanakan Upacara Khusus serah terima pengurus BANTARA Periode 2020/2021 kepada Pengurus yang baru saja terpilih untuk periode berikutnya.

Hal ini dibenarkan oleh M.Syukur, dalam penjelasan lanjutannya Guru Muda ini menuturkan insyaallah kegiatan serah terima kepengurusan BANTARA sudah kita agendakan pelaksanaanya dalam upacara khusus di puncak lereng Singgalang.

Nelda, salah seorang pembina pramuka di MAN 1 Agam mengapresiasi kegiatan hikiing ini.apalagi rutenya melewati lereng Singgalang, disela sela perjalanan guru kesenian ini menyampaikan pesan. 

"Tidak hanya peserta hikking, kami selaku pembina pramuka merasa senang ikut serta di kegiatan yang meyenangkan ini, perjalanan yang cukup melelahkan dan melewati tantangan ini justru menambah motivasi kami dalam membimbing siswa untuk menaklukan sejuta Janjang dan memperkenalkan lingkungan sekitar, dan yang terpenting adalah membangun cinta dan empati terhadap lingkungan ". Sebutnya.

Upacara Khusus serah terima pengurus BANTARA Periode 2021/2022 sebagai tongkat estafet kelanjutan Pramuka di MAN 1 Agam, hal ini didasari karena sebagaian besar  pengurus  duduk di kelas XII dan hitungan hari kedepan akan menghadapi ujian akhir madrasah, tentu waktu dan pemantapan materi pelajaran akan di perhitungkan.

Raja goeswara selaku pengurus periode tahun lalu berharap, " Semoga di kepengurusan yang baru dibawah kendali Riyan Ocfa Candra Biduk pramuka MAN  Agam dapat berlayar ditengah riak menuju Pulau harapan kesuksesan , Jayalah Pramukaku, Majulah MAN 1 " Ungkapnya (Hasnan)