Peringatan Isra’Mi’raj, ASN Kemenag Pasaman Dapat Pelajaran Berharga

Peringatan Isra’Mi’raj, ASN Kemenag Pasaman Dapat Pelajaran Berharga

Pasaman,Humas—Banyak pelajaran berharga didapat dari peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW yang dilangsungkan ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Senin (22/3) di kantor setempat.

Penyuluh Agama Islam Fungsional Ahmad Yani yang bertindak sebagai penceramah menyampaikan secara rinci berkenaan Isra’ Mi’rajnya Nabi, sangat menyentuh dan mudah difahami oleh ASN yang hadir di Mushalla Al Munawwarah kantor.

Diantara pelajaran yang dapat disampaikan Ahmad Yani, bahwa Nabi saat diperjalankan Allah bersama dua malaikat Nya Jibril dan Mikail dikala singgah di telaga zam-zam. Allah SWT memasukkan empat hal ke dalam jantung suami dari Siti Khadijah yang telah dibelah oleh Malaikat yakni hilman (adab/akhlak), ilmu, keyakinan dan Islam.

Secara ringkas, Ahmad Yani menjelaskan penyebab pertama adab atau akhlak yang dimasukkan Allah ke dalam diri Rasul, agar difahami bahwa akhlak merupakan yang terpenting ditata oleh setipa makhluk. Karena meskipun berilmu tinggi tetapi tidak beradab maka dinilai tidak terpuji atau tidak baik.

Diakhir, penceramah yang bertugas di Kecamatan Padang gelugur itu menegaskan adanya perintah shalat yang dibawa Rasulullah untuk ummatnya yang sampai sekarang ini menjadi kewajiban yang harus dikerjakan hingga akhir zaman.

Sementara Kepala kankemenag Kabupaten Pasaman Dedi Wandra menyebutkan, bahwa setidaknya juga ada beberapa pesan bermakna atau hikmah dari Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW diantaranya mengenai arti dari perjalanan Rasul itu pada tengah malam.

Dikatakannya, pelajaran dari itu adalah dimana di waktu tengah malam tersebut sebagai saat yang baik untuk berkomunikasi dengan Sang Pencipta seperti halnya melaksanakan shalat tahajjud, dan berdoa.

“Alhamdulillah, banyak hikmah, pelajaran berharga yang bisa dipetik oleh kita sebagai manusia dan ASN kemenag Pasaman dari peringatan ini”,ucapnya sembari mengucapkan syukur dan terima kasih terselenggaranya peringatan isra’ Mi’raj di lingkupnya tahun ini.(abie78)