PAH IX Koto Sungai Lasi Motori Lomba Didikan Subuh di BAtang Pamo

PAH IX Koto Sungai Lasi Motori Lomba Didikan Subuh di BAtang Pamo

Koto Baru, Humas. Dimotori oleh Penyuluh Agama Islam Honorer Kec. IX Koto Sungai Lasi, Refni Dayu dan adiknya Susi Susanti, Surau Lakuak jorong Batang Pamo nagari Pianggu menggelar lomba Didikan Subuh, Minggu (14/3).

Acara yang bertempat di Surau :Lakuak ini diikuti oleh 80 santri yang dibagi dalam 8 kelompok. Selain santri MDTA Surau Lakuak, peserta juga dari surau An Nur nagari Taruang-Taruang.

Ketua Panitia Susi Susanti dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan lomba didikan subuh ini digagas untuk menyalurkan bakat para santri sekaligus evaluasi atas penguasaan materi dan pelajarn yang diberikan selama ini. 

"Dengan adanya peserta lomba dari surau An Nur nagari Taruang-Taruang diharapkan motivasi peserta dan para santri meningkat dalam menguasai dan mendalami pelajaran yang diberikan MDTA," beber Susi.

Adapun lomba yang digelar, antara lain; Mars didikan subuh Janji dds sholat jenazah sifat wajib Allah dan Rasul, rukun iman dan Islam, hadis, zikir dan doa, nashid.

"Untuk sumber dana dari kegiatan ini berasal dari donatur yang digalang baik melalui offline dan online serta partisipasi orangtua santri," tutup Susi.

Sementara itu Kepala Jorong Batang Pamo, Fadli Rasyid yang membuka lomba, mengapresiasi kreatifitas Dayu dan Susi yang mengelola MDTA Surau Laluak, dengan metode tanpa pungutan dapat memajukan pendidikan agama bagi anak-anak di jorong Batang Pamo.

Tak hanya itu, dengan memanfaatkan media sosial dan dunia maya, Dayu dan Susi mampu menarik sumbangish donatur untuk ikut berpartisi[asi memajukan pendidikan di Surau Lakuak termasuk fasilitas dan saran belajar.

"Ini adalah surau yang sempat vakum dari kegiatan anak-anak mengaji yang kemudian dihidupkan lagi oleh dayu dan Susi. Dengan berbagai inovasi dan kreasi yang diciptakan, kegiatan belajar agama di Surau Lakuak kembali semarak," sebut Fadli.

Diakhir sambutannya, Fadli berharao dukungan masyarakat agar pendidikan agam di surau lakuk tetus maju dan berkembang untuk kehidupan keagamaan yang lebih baik lagi di Batang Pamo.

Keluar sebagai pemenang dalam lomba sehari ini, Group Sumayah, Group Dujanah, Bilal Bin Rabah dan group Julaibib. Fendi