Muhasabah, Refleksi Diri Menghadapi UM

Muhasabah, Refleksi Diri Menghadapi UM
Muhasabah, Refleksi Diri Menghadapi UM

Dangung-Dangung, humas-- Ujian Madrasah (UM) merupakan ujian yang ditujukan untuk siswa yang duduk di tingkat atas pada satuan pendidikan, ini merupakan ujian yang bisa dikatakan sebagai pengganti Ujian Nasional. Ujian Madrasah untuk tingkat MTs akan berlangsung mulai tanggal 29 Maret 2021 ini. Berbagai upaya telah dilakukan oleh seluruh mejelis guru MTsN 3 Lima Puluh Kota untuk mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi ujian tersebut, karena mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi covid-19. 

Mengingat begitu pentingnya ujian madrasah ini bagi siswa, sebagai salah satu upaya yang di lakukan MTsN 3 Lima Puluh Kota adalah memberikan motivasi kepada siswa dengan tujuan agar siswa bisa siap untuk menghadapi ujian madrasah ini, tidak hanya siap fisik, tentu juga harus siap mental. Kondisi saat ini yang belajar hanya mengandalkan HP telah mampu menjadikan siswa untuk bermalasan dalam belajar, yang ada dalam fikirannya adalah bagaimana ia bisa bermain HP/Game.

Dengan kondisi seperti inilah hari ini selasa (16/03) seluruh siswa kelas IX MTsN 3 Lima Puluh Kota mengikuti kegiatan pemberian motivasi sekaligus muhasabah sebagai upaya merefleksikan diri untuk menghadapi ujian madrasah. Acara ini langsung menghadirkan seorang motivator handal Lima Puluh Kota ibuk syaflinda, acara berlngsung di mushola MTsN 3 Lima Puluh Kota. 

Siswa MTsN 3 Lima Puluh Kota terlihat sangat antusias mengikuti acara tersebut dengan materi materi yang dapat membangkitkan semangat siswa untuk belajar dan meninggalkan ketergantungan dengan HP. Acara yang di buka langsung oleh kepala MTsN 3 Lima Puluh Kota, A. Mazhar. A ini berlangsung khidmat dan ceria.

Dalam sambutannya kepala madrasah menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang selalu kita lakukan setiap tahunya, sebagai uapaya dalam memberikan motivasi kepada siswa untuk menghadapi ujian madrasah.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini seluruh siswa kelas IX MTsN 3 Lima Puluh Kota yang berjumlah 280 orang siap dan mampu menghadapi ujian madrasah dengan sebaik mungkin dan mendapatkan nilai yang terbaik dan selelu menjadikan MTsN 3 Lima Puluh Kota sebagai madrasah yang unggul. (ryan)