Pengawas MA Helmi.M.Pd Lakukan Validasi Kisi Kisi dan Soal UM di MAN 1 Agam

Pengawas MA Helmi.M.Pd Lakukan  Validasi Kisi Kisi dan Soal UM di MAN 1 Agam

Maninjau Humas, Ujian Madrasah untuk tingkat MA Tahun 2021 sudah didepan mata, sekalipun Ujian ini adalah pekerjaan Tahunan disetiap akhir semester genap, Namun khusus untuk Tahun ini Juknis nya berbeda dengan tahun sebelumnya, Kisi Kisi dan Soal ujian merupakan hak mutlak bagi guru mata pelajaran untuk merakit dan menyusunnya sesuai dengan pencapaian kompetensi peserta didik serta materi yang telah diajarkan dan pada akhirnya  kelulusan peserta didik ditentukan oleh Pihak satuan pendidikan melalui rapat dewan guru. 
untuk melihat kesiapan MAN 1 Agam dalam menghadapi ujian ini, Hari ini Selasa 16 Maret 2021 Pengawas pendidikan MA Ka Kemenag Kabupaten Agam Helmi.M.Pd. kembali menyambangi Madrasah Riset ini, untuk kesekian kalinya Helmi.M.Pd selaku pengawas MA dilingkungan kantor kemenag Agam melihat secara langsung kesiapan Madrasah untuk melaksanakan ujian madrasah, kehadiran Helmi di MAN 1 Agam merupakan bukti tanggung jawab moral dan tugas  yang diembannya selaku pengawasan, pembinaan serta bimbingan  demi kesuksesan Madrasah.    dalam kesempatan ini pengawas yang dikenal ramah dan kaya dengan Informasi serta disipilin ini, semenjak pagi jam 08.00 mulai melirik tumpukan kertas yang tersusun rapi di ruangan pustaka utama MAN 1, Setumpuk  berkas itu merupakan kumpulan Kisi kisi dan print out soal Ujian yang akan di suguhkan kepada Peserta didik di bulan depan.pada pertemuan sebelumnya kehadiran Pengawas ini dalam rangka memberikan sosialisasi serta bimbingan teknis pembuatan Kisi kisi dan penyusunan soal ujian yang punya klasifikasi level 1,2 dan level 3. 
Azizul Hayati kepala MAN 1 Agam merasa bangga dengan kehadiran pengawas MA ini, apalagi menjelang di melaksanakannya Ujian Madrasah. 
" Kita berterima kasih kepada ibu pengawas yang telah meluangkan waktunya untuk melihat langsung persiapan kita menghadapi ujian madrasah.banyak hal yang dapat dipetik dari kehadiran beliau, disamping melakukan pembinaan terhadap seluruh Tenaga Pendidik juga memberikan informasi tentang perkembangan kekinian yang menyangkut dengan dunia pendidikan." jelasnya. lebih lanjut Azizul Hayati juga menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada Helmi.M.Pd.  " Hari ini kita semua merasa puas dengan kedatangan  beliau karena kesempatan ini digunakan untuk mengevaluasi serta mengedukasi  kita khususnya guru mata pelajaran terhadap kekurangan dari Kisi kisi dan muatan soal ujian" Sambungnya. 
saat dikonfirmasi tentang pendapatnya berkenaan dengan kesiapan ujian, Helmi.M.Pd menuturkan, " kedatangan kita hari ini dalam rangka menunaikan janji di pertemuan sebelumnya dengan Pihak MAN 1 Agam, sekarang melihat langsung serta menelaah kisi kisi serta soal ujian yang telah dirakit oleh guru mata pelajaran, serta menvalidasinya". lebih dari itu pengawas MA ini melanjutkan. " dari seluruh yang telah diperiksa,.alhamdulillah pada umumnya sudah memiliki syarat dari sebuah kisi kisi dan Soal ujian,.Namun masih menyisakan beberapa kekurangan yang harus disempurnakan seperti kesesuaian KD dengan Kisi kisi serta Muatan klasifikasi masing masing  soal serta konstruksi kalimat narasi soal dan tak kalah pentingnya penyebaran pilihan jawaban yang seimbang " Sambungnya .
kegiatan Validasi yang dilakukan oleh pengawas selesai  pukul 14.10 WIB di akhiri dengan pertemuan dengan majlis guru di kantor majlis guru. dalam kesempatan ini seperti biasanya pengawas Helmi.M.Pd memberikan apresiasi yang luar biasa kepada dua orang guru sebagai penyusun Kisi kisi dan Soal yang cukup fantastis,.kedua guru itu Ahmad Fuad guru bidang study Matematika dan Wendrinaldi guru mata pelajaran SKI.(Hasnan)