Ka.Kankemenag Agam Berikan Materi dihadapan 11 Pasang Calon Pengantin KUA Palembayan

Ka.Kankemenag Agam Berikan Materi dihadapan 11 Pasang Calon Pengantin KUA Palembayan
Ka.Kankemenag Agam Berikan Materi dihadapan 11 Pasang Calon Pengantin KUA Palembayan

Palembayan, Humas--Ka. Kankemenag Agam H. Edy Oktafiandi berikan materi Mempersiapkan Perkawinan Kokoh menuju Keluarga Sakinah untuk 11 Pasang calon pengantin di KUA Palembayan hari ini (16/03). Ka.Kankemenag didampingi Kasi Bimas Islam dan Ka.Kua Palembayan dalam acara Berkah Bimwin ini.

Ka.Kankemenag Agam berikan penjelasan tentang dasar perkawinan menurut hukum munakahat dan hukum positif Indonesia. Disamping itu, Beliau memaparkan tentang angka perceraian dan sebab perceraian dalam rangka pencegahan konflik rumah tangga secara dini.

"Nikah itu ikatan lahir batin sesuai pesan Pasal 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 sebagaimana telah dirubah dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 Tentang Perkawinan. Tidak ada istilah nikah batin saja, lahirnya entah dimana tapi hatinya ada disini. Begitu juga tidak ada istilah nikah lahir saja. Fisiknya ada disini tapi batinnya entah dimana. Nikah itu lahir batin sesuai pesan Agama dan Undang-Undang " Ujar Ka. Kankemenag Agam 

"Wujudkan keluarga sakinah mawadah dan Rahmah dengan komitmen yang teguh dari kedua pasangan pengantin. Komitmen teguh ini dikenal dengan istilah Mitsaqan Ghaliza. Komitmen menjalankan pernikahan ini sesuai Al-Quran dan Sunnah. Jalani ta'aruf atau saling kenal, saling memahami, saling membantu dan saling menyayangi dalam pernikahan." Tambah Ka. Kankemenag Agam.

Ka.Kankemenag Agam berikan pertanyaan kepada calon pengantin tentang sejauh mana pengetahuan tentang persiapan pernikahan. Pengetahuan tentang tujuan nikah dan hal-hal terkait hukum pernikahan.

Pemateri Bimwin Berkah Kankemenag Agam Angkatan II ini terdiri dari Ka. Kankemenag Agam, Kasi Bimas Islam, Kasi Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren dan Ka.Kua Palembayan.

Pebri Doni Kasi Bimas Islam berikan 5 materi rahasia nikah."5 resep agar nikah ini bisa bertahan sampai akhir hayat kita. Pertama, selalu bersikap saling kenal (Ta'aruf). Kedua, Selalu saling menyayangi dan memuliakan ( tarahum dan takarum). Ketiga, selalu tolong menolong ( Ta'awun). Ke empat, saling mendekat satu sama lain ( Taqarub). Kelima ,  saling dukung mendukung dalam ibadah (Ta'abbud)," ujar Kasi Bimas Islam Kankemenag Agam

H. Yunaldi menyebarkan lembaran isian kepada calon mempelai tentang konsep hidup berbahagia dalam rumah tangga. " Kita sebarkan lembaran isian ini, agar nanti setiap calon menyadari konsep kebahagiaan dalam rumah tangga." Ujar Kasi PDPP H. Yunaldi.

H. Yunaldi juga menjelaskan tentang kewajiban suami istri dan adab-adab pergaulan suami istri.

Muhammad Irsyad KUA Palembayan mengucapkan terimakasih kepada Pemateri maupun Panitia Pelaksana Bimwin Berkah Kan. Kemenag Agam atas ditunjuknya KUA Palembayan sebagai tempat pelaksanaan dalam acara ini.

"Terimakasih Bapak Ka. Kankemenag Agam, Bapak Kasi Bimas Islam, Bapak Kasi PDPP telah berikan materi Bimwin di KUA Palembayan. Terimakasih kepada Panitia yang telah mengadakan acara ini. Semoga bermanfaat bagi kita, masyarakat dan terkhusus calon pengantin yang hadir saat ini," Ujar Ka. Kua Palembayan 

Acara ini berlangsung dengan memenuhi protokoler kesehatan. Akhir acara, Ka. Kankemenag Agam berikan buku bacaan mandiri bagi calon pengantin. Acara ini diberikan secara gratis kepada calon pengantin, termasuk buku bacaan mandiri gratis. ( Irsyad)