Bimas Islam Kemenag Sijunjung Bina KUA dalam Pengelolaan BOP

Bimas Islam Kemenag Sijunjung Bina KUA dalam Pengelolaan BOP

Muaro Sijunjung (Humas) -- Seksi Bimbingan Masyarakat (BIMAS) Islam Kantor Kemenag Kab Sijunjung lakukan pembinaan pengelolaan biaya operasional (BOP) Kantor Urusan Agama (KUA), pada Selasa (16/3) di Aula Ikhlas Beramal kantor Kemenag Sijunjung. Kegiatan pembinaan diikuti oleh 20 orang peserta, terdiri dari kepala KUA dan pengelola BOP KUA Kecamatan se Kab Sijunjung, bendahara kantor, serta staf bimas. Pembukaan acara dihadiri langsung Kepala Kantor Kemenag H Afrizal, Kasubag TU H Samsidir dan Kasi Bimas Islam Yoni Hendra.

H Afrizal dalam arahannya imbau seluruh kepala KUA mengacu kepada petunjuk teknis berlaku dalam pengelolaan dana BOP supaya dalam pemanfaatan dana tepat sasaran, serta benar dalam pelaporan. Lebih lanjut pembinaan ditandai penyerahan atribut dan ATK secara simbolis oleh kepala kantor, diterima oleh peserta Ardenis dan Yusnini masing masing pengelola BOP KUA Tanjung Gadang dan KUA Koto VII.

Pelaksanaan kegiatan selama dua hari Selasa-Rabu (16-17/3), diawali sosialisasi Keputusan direktur jenderal bimbingan masyarakat Islam nomor 340 tahun 2020 tentang petunjuk teknis pengelolaan biaya operasional perkantoran Kantor Urusan Agama Kecamatan, oleh Kasi Bimas Islam Yoni Hendra. Ada tiga komponen meliputi pengelolaan BOP, yaitu Perencanaan, Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban dan pelaporan.

Penggunaan BOP KUA harus berdasarkan rencana kerja anggaran yang telah disusun, dan penggunaannya disesuaikan kebutuhan masing-masing KUA, kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Perencanaan dan penggunaan BOP harus diiringi pertanggungjawaban dan pelaporan. Disamping sosialisasi juknis pengelolaan BOP, juga dilakukan evaluasi pengelolaan BOP tahun 2020,  penyusunan perencanaan dan penyusunan SPJ BOP KUA oleh bendahara Kantor Kemenag Sijunjung Yasnimawati.(nori)