Kepala MTsN 1 Kota Pariaman Berikan Pembekalan kepada Siswa Kelas IX Menjelang UM

Kepala MTsN 1 Kota Pariaman Berikan Pembekalan kepada Siswa Kelas IX Menjelang UM

Pariaman, Humas—Ujian Madrasah (UM) untuk siswa kelas IX akan digelar mulai hari Senin (22/03). Menjelang ujian, Kepala MTsN 1 Kota Pariaman, Nur Eliwati, memberikan pembekalan kepada seluruh siswa kelas IX. Kegiatan ini berlangsung di halaman madrasah pada Sabtu pagi (20/03).

Dalam binaannya, Nur Eliwati mengajak seluruh siswa kelas IX untuk mempersiapkan diri lahir dan batin dalam mengikuti ujian ini.

“Secara lahir siapkan dan jaga kesehatannya dengan menjaga pola makan dan tidur yang cukup agar imun dan daya tahan tubuh kuat. Tidak itu saja, siapkan juga pakaian yang bersih dan rapi termasuk rambut dan kuku. Bagi siapa yang rambut dan kukunya tidak rapi, nanti akan ditindak tegas karena sudah lama dan sering diingatkan,” ungkapnya.

“Persiapan batinnya yang pertama adalah memohon ampun dan istigfar kepada Allah Swt. atas segala salah selama ini. Yang kedua memohon maaf kepada orang tua dan guru. Yang ketiga dengan memperbanyak ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah Swt.  Yang keempat memohon rida kepada Allah Swt. agar ujiannya berjalan lancar sehingga memperoleh nilai yang bagus. Yang kelima, yaitu memberikan ketenangan batin dan fokus kepada ujian,” jelasnya.

“Selama ujian, Ananda harus mentaati tata tertib ujian. Di antaranya tidak boleh datang terlambat, minimal 20 menit menjelang ujian sudah berada di madrasah agar Ananda bisa mengikuti ujian dengan tenang. Ikuti ujian dengan baik dan menghargai pengawas serta tidak ada yang menyontek! Ananda juga tidak diperbolehkan membawa alat komunikasi terutama yang menggunakan kamera. Selesai ujian, Ananda langsung pulang ke rumah masing-masing, tidak ada yang singgah ke mana-mana agar bisa berisitirahat dan mempersiapkan ujian esoknya,” pesannya.

Di samping persiapan ujian, Nur Eliwati juga menyampaikan syarat-syarat kelulusan untuk siswa kelas IX. “Kelulusan Ananda ditentukan oleh rapat dewan guru dan pegawai bersama kepala madrasah serta komite. Jika Ananda memenuhi syarat-syarat tersebut Ananda akan lulus. Mudah-mudahan Ananda nantinya lulus dengan nilai yang sangat bagus. Di samping nilai, akhlak juga sangat menentukan kelulusan Ananda. Untuk itu, jagalah akhlaknya yang berpedoman pada Alquran dan Hadis. Kesuksesan Ananda tergantung kepada usaha Ananda sendiri,” pesannya.

Ia juga meminta siswa untuk mempersiapkan diri untuk ujian praktik program unggulan madrasah yang juga merupakan salah satu syarat kelulusan. Program unggulan madrasah tersebut adalah tahfiz, dakwah/ khutbah Jumat, salat jenazah, dan pembacaan asmaul husna. Ujian praktik ini akan dilaksanakan nantinya setelah ujian madrasah.

Pembelakan yang berlangsung selama  1,5 jam ini didengarkan siswa dengan penuh perhatian. Kegiatan ini juga selalu menjaga protokol kesehatan. (Delsi).