Pramuka MTsN 10 Agam Laksanakan Super Camp Pendidikan Karakter

Pramuka MTsN 10 Agam Laksanakan  Super Camp Pendidikan Karakter
Pramuka MTsN 10 Agam Laksanakan  Super Camp Pendidikan Karakter

Padang Tarok, Humas- Untuk membentuk siswa yang berkarakter, Pramuka Gudep 01/057-01/58 MTsN 10 Agam melaksanakan kegiatan  Super Camp Pendidikan Karakter  bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Pendidikan Luar Sekolah (LEPAS) IMPEESA INDONESIA di Bumi Perkemahan MTsN 10 Agam dari tanggal 12 sampai 14 Maret 2021.

“ Pramuka adalah wahana pembentukan karakter siswa.  Dalam  pramuka siswa dilatih kepemimpinan, kerja sama, solidaritas, mandiri, dan berani. Hal ini kiranya dapat menjadi penyeimbang kegiatan pembelajaran  dalam kurikulum formal yang lebih berorientasi pada ranah kognitif (pengetahuan) dan psikomotorik (keterampilan). Kegiatan pramuka ini diharapkan akan mampu membangun kecerdasan siswa pada ranah afeksi (sikap dan prilaku), sehingga siswa akan dapat mengembangkan karakternya secara positif. Inilah yang menjadi dasar kami melaksanakan kegiatan ini,” jelas Marliwis, kepala MTsN 10 Agam.

Sementara itu, Gusmita Dewi, Waka Kesiswaan menjelaskan bahwa kegiatan ini sudah merupakan agenda rutin Pramuka MTsN 10 Agam. Hanya saja tahun 2020 tidak bisa dilaksanakan karena pandemi. Barulah tahun ini bisa kembali diaksanakan dengan jumlah siswa yang terbatas yaitu 121 siswa dari kelas VII, VIII, dan IX dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Berbagai materi diberikan pada siswa dalam kegiatan ini oleh pemateri dari LEPAS  seperti   Akhlak mulia pramuka milenial,  Kebijaksanaan Organisasi di sekolah dan Kepemimpinan rasulullah. Selain itu, selama tiga hari siswa juga dibina dalam beribadah dan kecakapan kepramukaan.

“Siswa antusias mengikuti acara ini. Acara akan ditutup pada hari Minggu oleh kepala madrasah nantinya," ujar Anggy Suryo Widodo, Pembina pramuka MTsN 10 Agam. (Elizarni)