MAN 1 Agam Laksanakan Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021

MAN 1 Agam  Laksanakan Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021

Maninjau Humas, Ujian Madrasah  kelas XII Tahun pembelajaran 2020/2021 di MAN 1 Agam dimulai hari ini senin 25 maret 2021, untuk agenda wajib tahunan ini, khusus di tahun 2021 adalah akhir perjalanan yang cukup melelahkan, tidak hanya bagi peserta didik juga bagi guru mata pelajaran, hal ini tidak terlepas dari pengaruh kondisi  di tengah masa pandemi. Durasi waktu yang semestinya cukup memadai untuk melaksanakan proses PBM, namun akhir akhir ini mengalami pengurangan sesuai dengan regulasi di masa pandemi, disisi lain guru mata pelajaran dituntut untuk berjibaku dalam mengejar ketertinggalan materi ajar yang sempat mengalami penundaan di semester ganjil kemaren . tidak hanya itu gurupun di haruskan untuk merancang KISI KISI, merakit soal Ujian dan Meng Aploud nya ke apilkasi. Segudang rencana dan seluruh rangkaian kegiatan sudah bisa dituntaskan. Walupun kondisi ruang waktu yang terbatas, Namun bagi segenap Civitas Akdemica MAN 1 Agam, kondisi itu tidak mematahkan semangat kerja, namun menumbuhkan motivasi dan daya kerja yang tinggi. Pernyataan ini dilontarkan oleh Azizul Hayati kepala MAN 1 Agam saat dikonfirmasi.

“Hari ini kita mengawali Ujian Madrasah untuk tahun pelajaran 2020/2021 dengan Mata uji Olah Raga dan disusul dengan Kesenian, hal ini membuktikan kita sudah siap untuk melaksanakan ujian Madrasah, Alhamdulillah segala Ikhtiar yang kita lakukan dan kerja keras guru mata pelajaran dalam merancang kisi kisi dan melahirkan soal ujian sesuai dengan harapan kita semua, dan kita berharap dua pekan kedepan tidak ada halangan yang menyebabkan  terganggunya keberlangsungan Ujian ini” Jelasnya.

Taufiq selaku wakil kepala Bidang Kurikulum saat dikonfirmasi tentang persiapan dan teknis pelaksanaan ujian menuturkan, “ berkenaan dengan jadwal ujian sudah kita susun secara sistematis, dengan mempertimbangkan muatan mata ujian, Durasi waktu ujian serta pengawasan Ujian.

Lebih lanjut mantan PLT MAN 1 Agam ini menjelaskan, persiapan secara teknis menyangkut dengan pemamfaatan teknologi, untuk ujian Madrasah tahun ini kita laksanakan secara On Line dengan menggunakan aplikasi google Form.

"Artinya peserta ujian dibenarkan membawa Hp ataupun Lap top dengan menggunakan jaringan Madrasah yang sudah dipersiapkan,  dengan kecepatan dan kapasitas 100 GB Ps dan untuk kenyamanan Pelaksanaan ujian kita sudah tugaskan tenaga ahli sebagai Proktor dibawah kendali bapak Medios,”pungkasnya.

Ditengah berlangsungya Hari perdana ujian Madrasah ini Syfafriadi selaku pengawas ujian di ruang 3 menyampaikan ungkapan puasnya untuk pelaksanaan ujian ini mengungkapkan ujian dengan metode ini amat memudahkan bagi peserta ujian  karna praktis dan efektif dan juga meringankan bagi guru mata pelajaran dalam mengevaluasi dan menganalisis hasil ujian, karna sistem ini bekerja dengan sendirinya sesuai dengan setingan sebelumnya.”

Yulizar selaku guru PKN dan Wali kelas XII IPA juga berkomentar hal yang sama, sejatinya kemajuan teknologi banyak melahirkan berbagai kemudahan  bagi peserta didik dan tenaga pendidikan, perkembangan ilmu pengetahuan dan informasi dapat diakses secara cepat dan tepat termasuk dengan pelaksanaan ujian madrasah ini.

"Tugas kita disamping bimbingan , pengawasan dan pengarahan dalam proses ujian , juga untuk mengantisipasi kemungkinan kemungkinan  adanya penyalahgunaan  media untuk mencari kunci jawaban, “jelasnya.

Pelaksanaan Ujian Madrasah di MAN 1 Agam dijadwalkan akan berakhir pada hari Selasa  06 April 2021 mendatang , dengan menggunakan sistem sif pagi dan sif siang, sebagai wujud penerapan kegiatan dimasa pandemi  (Hasnan)