Kemenag Kab. Solok Gekar Rakor Tusi Pendidikan Madrasah

Kemenag Kab. Solok Gekar Rakor Tusi Pendidikan Madrasah

Koto Baru, Humas. Kantor Kemenag Kab. Solok melalui seksi pendidikan madrasah menggelar rapat koordinasi (Rakor) tugas dan fungsi (Tusi) pendidikan madrasah untuk akurasi data, Kamis (25/3) di aula Hubbul Wathan.

Rapat yang diikuti oleh 91 peserta yang merupakan operator Emis (Education Management Information System) di masing-masing madrasah dan Ruadhatul Anfhal (RA) di Kabupaten Solok.

Kepala Kantor Kemenag Kab. Solok dalam sambutan pembukaannya mengatakan, bahwa operator EMIS merupakan salah satu kunci terwujudnya madrasah hebat bermartabat.

"Tak mungkin slogan madrasah hebat bermartabat itu terwujud tanpa adanya data akurat dalam pengelolaan madrasah. data akurat tersebut diolah dan diinput dalam aplikasi EMIS," ujar H. Alizar.

Untuk itu ia berharap agar operator EMIS di madrasah untuk melakukan tugas dengan baik dan profesional sejalan dengan lima nilai budaya kerja Kementerian Agama serta selaras dengan ZIWBK yang dianut sebagai langkah menuju WBBM dan reformasi birokrasi.

"Akurasi data EMIS juga menujukan integritas dan profesionalitas dari operatornya. Untuk itu bekerjalah dengaan cermat dan profesional, karena dari akuratnya data akan terwujud madrasah hebat bermartabat, baik dalam pembangunan fisik maupun karakter dan porestasi siswanya," ulas H. Alizar.

Dijelaskan oleh H. Alizar, data akurat merupakan salah satu sumber sasaran pembangunan yang tepat. Karena EMIS tidak hanya data fisik madrasah tetapi juga SDM hingga siswa, maka akurasi data EMIS ikut menentukan arah dan kemajuan dari madfrasah.

"Korupsi tidak hanya dalam bentuk penyimpangan finansial, kesalahan adminsitrasi dan upaya manipulasi data juga tergolong korupsi. Untuk itu mari mewujudkan ZIWBK menuju WBBM dari EMIS ini untuk madrasah hebat bermartabat," tutup H. Alizar. Fendi