Helat Pemilu MTsN 3 Agam

Helat Pemilu MTsN 3 Agam
Helat Pemilu MTsN 3 Agam

Balingka, Humas – MTsN 3 Agam gelar helat pemilu untuk pemilihan ketua OSIM periode 2020/2021 Jum’at (26/3). Pemilu yang berlangsung secara terbuka di lapangan madrasah ini diikuti oleh seluruh warga madrasah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sama seperti pemilihan ketua OSIM periode sebelumnya, pemilu kali ini pun dilaksanakan dengan menerapkan prinsip luberjurdil; langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Pemilihan ketua OSIM periode ini diikuti oleh sebanyak enam calon yang merupakan utusan per masing – masing kelas VIII. Pemilu diawali dengan penyampaian orasi dari para calon dan langsung diikuti dengan pemilihan langsung di enam bilik suara yang sudah disediakan panitia. Tidak hanya siswa, majelis guru dan pegawai pun juga turut memberikan hak suara pada pemilihan kali ini. 

Selain untuk memperkenalkan sistem pemilu kepada siswa, pemilihan langsung ketua OSIM ini juga bertujuan untuk melatih jiwa kepemimpinan serta rasa tanggung jawab dan sikap sportif dalam menerima keputusan akhir. Melalui pemilihan ketua OSIM ini diharapkan siswa dapat belajar mengenal sistem birokrasi yang nantinya akan mereka temui dalam kehidupan bermasyarakat. 

Desmawita, Kepala MTsN 3 Agam yang ikut memantau pelaksanaan pemilu ditengah – tengah kesibukannya menyatakan harapannya agar pemilu kali ini bisa berjalan lancar dan mencapai target yang diinginkan.

“Ini bukan pertama kalinya kita melaksanakan pemilihan OSIM secara langsung dan terbuka, namun tetap ada kewaspadaan karena untuk tahun ini kita masih berada ditengah pandemi. Makanya untuk kali ini panitia penyelenggara juga harus ekstra ketat dalam menjaga protokol kesehatan selama pelaksanaan pemilihan. Kita harapkan nanti akan terpilih Ketua OSIM yang bisa mengayomi dan menjadi panutan bagi yang lainnya,” ringkas Desmawita.

Ketua OSIM bukan hanya sekedar pengisi jabatan struktural bagi sebuah madrasah, namun lebih dari itu Ketua OSIM merupakan gambaran siswa yang turut menjadi perwakilan marwah sebuah madrasah. Siapapun Ketua OSIM yang akan terpilih semoga mampu menjadi pemimpin yang amanah dan menjadikan MTsN 3 Agam semakin hebat bermartabat mendunia. (Deri)