MIN 2 Kota Sawahlunto Awali Gerakan Jumat Berkah dengan Bagi-bagi Paket Snack

MIN 2 Kota Sawahlunto Awali Gerakan Jumat Berkah dengan Bagi-bagi Paket Snack

Sawahlunto, Humas--Sehari setelah diresmikan Pelaksana tugas Kepala Kankemenag Kota Sawahlunto, Eri Iswandi,  Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Kota Sawahlunto langsung mengawali "Gerakan Jumat Berkah" dengan membagi-bagikan makanan ringan (snack) kepada murid yang paling cepat datang ke sekolah. 

Bahkan orangtua/wali murid yang mengantarkan anak mereka ke madrasah turut mendapat jatah pembagian snack yang langsung dipimpin Kepala MIN 2 Kota Sawahlunto, Syafruddin dibantu majelis guru. 

Syafruddin mengatakan, Gerakan Jumat Berkah pertama kali ditanggapi positif orang tua siswa bahkan mendapat dukungan penuh. 

"Ini adalah langkah awall kita dalam gerakan Jumat berkah, Alhamdulillah orangtua/wali murid merespon baik kegiatan ini dan mereka menyatakan siap ikut berpartisipasi," ujarnya, Jumat (26/3).

Kendati demikian sebut Syafruddin, Ia bersama jajaran tidak ingin melibatkan orangtua/wali murid karena dikhawatirkan akan dianggap program wajib.

"Cukup jajaran madrasah yang tergabung dalam organisasi dharma wanita saja dalam gerakan ini, meski demikian jika ada masyarakat turut berpartisipasi kamipun tidak bisa menolaknya," tutur Dia. 

Lebih lanjut ditambahkannya, dalam minggu ini telah berhasil dikumpulkan uang Rp280 ribu untuk gerakan jumat berkah serta Rp 125 ribu untuk wakaf uang. 

"Uang untuk jumat berkah, kami belikan 80 paket snack untuk dibagi-bagikan, sedangkan wakaf uang akan kami setorkan setiap bulan nantinya," tuturnya. 

Dijelaskan pula, donasi jumat berkah berikutnya akan disalurkan untuk membantu siswa miskin,  anak yatim, sembako bagi warga kurang mampu, pembagian masker kepada jemaah yang akan pergi menunaikan salat jemaah ke masjid serta aktifitas sosial lainnya. 

"Mudah-mudahan melalui gerakan ini dapat meringankan warga membutuhkan disamping mencari pahala," pungkasnya. 

Diakhir kegiatan, Syafruddin mengucapkan terimakasih kepada semua pihak terutama majelis guru yang telah berupaya menggerakkan jumat berkah secara bersama-sama dengan penuh kesadaran. (f@hmi)