Hari Pertama Pelaksanaan UM Berlangsung Lancar

Hari Pertama Pelaksanaan UM Berlangsung Lancar
Hari Pertama Pelaksanaan UM Berlangsung Lancar

Dangung-Dangung, Humas-- Ujian Madrasah (UM) merupakan ujian akhir pada satuan pendidikan yang ditujukan untuk siswa yang berada pada tingkat atas pada sebuah madrasah. Ujian ini merupakan ujian yang sejatinya menggantikan Ujian Nasional yang tidiakan pada tahun pelajaran 2020/2021 ini. Sebagai sebuah lembaga pendidikan sekaligus penyelenggara Ujian Madrasah tentu sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk menyambut pelaksanaan Ujian Madrasah ini.

Senin, (29/3) merupakan hari pertama pelaksanaan Ujian Madrasah untuk tingkat MTs di Lima Puluh Kota. MTsN 3 Lima Puluh Kota sebagai madrasah penyelenggara UM sudah menyiapkan diri untuk menyukseskan pelaksanaan UM ini.

Tahun ini jumlah siswa MTsN 3 Lima Puluh Kota yang mengikuti UM berjumlah 280 orang yang terdiri dari 14 ruang ujian. Ujian madrasah ini dibuka langsung Kepala MTsN 3 Lima Puluh Kota, A. Mazhar. A yang berlangsung di ruang kepanitiaan dan diikuti seluruh panitia beserta pengawas ujian. Dalam arahannya, Kepala Madrasah menyampaikan kepada seluruh panitia dan juga pengawas untuk tetap menjalankan tugas dengan sebaik sebaiknya, karena ini merupakan tugas negara yang harus kita sukseskan. 

"Ujian Madarsah Madrasah tahun ini berlangsung dengan sistem KP atau lebih dikenal dengan sistem kertas pensil, tidak sama halnya dengan ujian ujian tahun sebelumnya yang menggunakan sistem komputerisasi. meskipun dengan sistem KP tidak menyurutkan semangat untuk menyukseskan ujian ini," ujarnya lagi.

Dari pantauan yang dilakukan oleh ketua panitia pelaksana Zarwan, terlihat bahwa ujian hari pertama ini dengan mata pelajaran Aqidah Akhlak dan IPA berlangsung dengan baik dan lancar tidak ditemukan kejanggalan kejanggalan ataupun kesalahan-kesalahan dalam pelaksanaan ujian ini.

Pelaksanaan ujian madrasah ini tetap mematuhi protokoler kesehatan karena saat ini masih dalam suasana pandemi covid-19, anjuran 5M sebagai upaya dalam pencegahan sekaligus memutus mata rantai covid tetap diberikan kepada seluruh peserta ujian beserta pengawas. Diharapkan pelaksanaan ujian madrasah ini dapat berlangsung dengan baik sampai akhir nantinya. (ryan)