Arief Tekankan Pelaksanaan Ujian Madrasah Harus Sesuai POS

Arief Tekankan Pelaksanaan Ujian Madrasah Harus Sesuai POS
Arief Tekankan Pelaksanaan Ujian Madrasah Harus Sesuai POS

Lima Puluh Kota, Humas--Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Madrasah (UM) Tahun Pelajaran 2020/2021 dituangkan secara jelas  dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor 752 tahun 2021. Secara umum, pelaksanaan UM tahun ini diserahkan kepada masing-masing madrasah penyelenggara ujian.

MTsN 4 Lima Puluh Kota, sebagai salah satu madrasah penyelenggara Ujian Madrasah, telah jauh hari menyiapkan kelengkapan pelaksanaan ujian. Hari ini, Senin (29/3) Ujian Madrasah Tingkat MTs serentak dilaksanakan di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Moh. Arief Hidayat, Kepala MTsN 4 Lima Puluh Kota, saat meninjau pelaksanaan ujian menyebutkan, penyelenggaraan Ujian Madrasah di MTsN 4 Lima Puluh Kota sudah sesuai dengan POS UM. “Jauh hari kita sudah tekankan kepada panitia ujian untuk tidak melenceng dari POS tersebut. Tahun ini pelaksaaan ujian agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang memang dikoordinir oleh pusat, terutama naskah soal ujian. Tahun ini semua penyelenggaran ujian diserahkan kepada maisng-masing madrasah penyelenggara. Tentu ini membutuhkan kesiapan yang matang,” jelas Arief.

Arief, saat meninjau posko ujian juga menekankan untuk meminimalisir kekurangan-kekurangan dalam kelengkapan dan pelaksanann ujian. “Panitia harus cepat tanggap. Kalau seandainya ada kekurangan kelengkapan harus segara disikapi, terutama kelengkapan naskah soal. Bisa saja itu terjadi, dan panitia harus cekatan menyikapinya,” tegas Putra Tegal ini.

“Pelaksanaan protokol kesehatan jangan lupa, baik itu untuk siswa maupun panitia dan guru. Tetap perhatikan 5M agar penyebaran virus corona dapat ditekan. Terakhir, kita berharap semoga siswa kita lulus dengan nilai yang memuaskan,” tutup Arief.

Ketua Panitia Ujian Madrasah, Ulfa Indra, dihubungi di Posko ujian menyebutkan ujian hari ini berjalan lancar. “Alhamdulillah pelaksanaan ujian hari ini berjalan lancar. Ujian bisa dilaksanakan tepat waktu. Dari 126 siswa yang terdaftar sebagai peserta ujian, satu orang tidak hadir mengikuti ujian karena sakit, dan kita sudah membuatkan laporannya dalam berita acara,” jelas Ulfa.

Disinggung tentang kendala dalam pelaksanaan ujian, Ulfa menjelaskan. “Tidak ada kendala dalam pelaksanaan ujian. Kelengkapan administrasi termasuk naskah soal dan Lembar jawaban, semua lengkap. Laporan dari Kelompok Kerja Madrasah (KKM) yang berjumlah enam madrasah yang berada di bawah MTsN 4 Lima Puluh Kota juga melaporkan tidak ada kendala. Ada empat belas mata pelajaran yang diujikan, terdiri dari sembilan mata pelajaran umum dan lima mata pelajaran agama. Kita berharap pelaksanaan ujian yang berakhir hingga 6 April mendatang bisa sukses dan berjalan dengan lancar,” pungkas Ulfa. (Nina).