H Joben : Penyelenggaraan Ibadah Haji 2021 Masih Menunggu Kebijakan KSA

H Joben : Penyelenggaraan Ibadah Haji 2021 Masih Menunggu Kebijakan KSA
H Joben : Penyelenggaraan Ibadah Haji 2021 Masih Menunggu Kebijakan KSA

Padang, humas -- Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar melalui Kepala Bidang (Kabid)Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) H Joben membuka sekaligus menyampaikan arahan pada Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan penyelenggaraan haji tahun 1442 H/ 2021 M di Aula Amal Bhakti I, Senin (29/03).


Selain diikuti para Kepala Seksi dilingkungan bidang PHU Kanwil Kemenag Sumbar, kegiatan ini juga diikuti Kepala Seksi PHU Kabupaten / Kota se-provinsi Sumatera Barat.


Dalam arahannya Kabid PHU menyampaikan dengan jelas, persiapan haji tahun 1442 H/ 2021 M mulai dari opsi yang akan disiapkan  pemerintah, persiapan dokumen, koordinasi dengan Pusat Kesehatan (Puskes) Haji, persiapan pembinaan haji dan koodinasi dengan pihak-pihak terkait.


H Joben juga menjelaskan bahwa sampai saat ini, kepastian pemberangkatan calon jamaah haji pada tahun ini masih menunggu kebijakan dari pemerintahan Kerajaan Saudi Arabia (KSA).


" ada tiga opsi atau skenario yang telah disiapkan pemerintah yakni opsi pertama pelaksanaan dengan kuota penuh, opsi kedua pelaksanaan dengan kuota terbatas atau opsi ketiga tidak mengirimkan jemaah haji", paparnya.


Untuk opsi pertama, Kabid PHU mengatakan pelaksanaan ibadah haji dapat dijalankan apabila pandemi Covid-19 telah dinyatakan telah berakhir.


selain itu Ia juga menjelaskan Kementerian Agama tetap melakukan mitigasi dan upaya- upaya antisipatif apabila penyelenggaraan haji tahun 2021 jadi dilaksanakan. *rzk