Monev UM di MTsN 4 Limapuluh Kota, Hasil Belajar Siswa Cerminan Kualitas Madrasah

Monev UM di MTsN 4 Limapuluh Kota, Hasil Belajar Siswa Cerminan Kualitas Madrasah

Limapuluh Kota, Humas – Hasil Belajar siswa merupakan cerminan kualitas suatu madrasah. Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Limapuluh Kota yang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Zulwitra, pada kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Ujian Madrasah (UM) di MTsN 4 Limapuluh Kota pada Selasa (30/3).

Pada kegiatan monev tersebut, Zulwitra, yang didampingi Kepala MTsN 4 Limapuluh kota, Moh. Arief Hidayat, menyebut, nilai UM tahun ini keseluruhannya diserahkan kepada madrasah masing-masing. Nilai UM juga untuk nilai mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional terdahulu. Sekarang total keseluruhan mata pelajaran UM ada 14, termasuk juga mata pelajaran yang ada di UN.

“Sekarang UN tidak ada lagi, jadi nilai siswa berpedoman kepada nilai raport mulai dari kelas VII sampai kelas IX,” jelas Zulwitra.

Ia juga menambahkan, pemberian nilai bagi siswa dengan membagi porsentase nilai raport 70 persen dan nilai UM 30 persen.

“Dilihat dari segi penilaian, ini sangat menguntungkan kepda siswa kita. Karena nilai yang akan tertera di ijazah nanti adalah nilai akumulatif dari kelas VII hingga kelas IX. Namun kami sangat menekankan agar nilai siswa jangan dimanipulasi. Ini ditujukan bukan hanya untuk siswa MTsN 4 Limapuluh Kota, tapi seluruh madrasah yang ada, khususnya di Kabupaten Lima Puluh Kota. Hal ini akan merugikan siswa saat mereka masuk ke tingkat sekolah selanjutnya. Berikan nilai sewajarnya. Karena setiap guru pasti tau kemampuan masing-masing siswanya."

“Saya berdoa, semoga siswa MTsN 4 Limapuluh Kota mendapat nilai yang tinggi dan bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” imbuh pria ramah ini.

“Terakhir, saya berpesan, tetap perhatikan protokol kesehatan dengan menerapkan 5M. Dengan kesadaran kita menjaga kesehatan, semoga ini menjadi sumbangsih dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid 19,” pungkas Zulwitra.

Data dari Posko UM menyebutkan, memasuki hari ke dua pelaksanaan UM di MtsN 4 Limapuluh Kota, semuanya berjalan lancar. Mata Pelajaran Fiqih dan Bahasa Indonesia diujikan secara berurut pada jam pertama dan ke dua. Total siswa 126 orang, dengan rincian laki-laki 60 orang dan perempuan 66 orang hadir seratus persen. (Nina).