Guru bersama Komunitas PAI se Sumatera Barat, Ikuti Rapat Teknis

Guru bersama Komunitas PAI se Sumatera Barat, Ikuti Rapat Teknis

Padang, Humas – Sebanyak 51 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (Pakis) Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat hari Rabu, 31 Maret 2021, mengikuti rapat teknis TPG, PPG, dan Siaga Pendidikan Agama Islam (PAI) se Sumatera Barat.

Dari sejumlah peserta, rapat teknis yang dibuka Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, Hendri di aula Amal Bakti I. Berasal dari 19 orang Kasi Pakis Kantor Kementerian Agama  kabupaten dan kota, 19 orang operator Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama (SIAGA) kabupaten/kota, lima orang staf jajaran Bidang Pakis, dan delapan orang unsur pengurus AGPAII (Assosiasi Guru Pendidikan Agama Islam).

Ketua pelaksana, sekaligus Kabid Pakis Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, Rinalfi, menjelaskan, rapat teknis TPG, PPG, dan operator SIAGA PAI, bukan sebatas melaksanakan program kelembagaan. Kegiatan ini, juga sarana meningkatkan kemitraan antara Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, melalui Bidang Pakis dengan komunitas guru PAI.

Komuniktas guru bidang studi PAI, seperti di Sumatera Barat adalah, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Kelompok Kerja Guru (KKG), dan AGPAII. Sebagai wadah penganyom guru mata pelajaran PAI yang telah ada secara nasional, tentu ada di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota hingga ke tingkat kecamatan.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, Hendri, pada kesempatan itu menyampaikan, yang menambah harumnya lembaga dan masyarakat tingkat provinsi dari karya dilakukan guru PAI, melalui komunitasnya telah banyak. Beberapa hari terakhir, ada guru PAI dinyatakan sebagai instruktur terbaik tingkat nasional, dan AGPAII Sumatera Barat mampu meraih prestasi terbaik juga tingkat nasional.

Keberhasilan guru PAI bersama komunitas yang ada, seperti beberapa hari terakhir, sebagai instruktur terbaik dan AGPAII berprestasi tingkat nasional, bukan saja menambah harumnya pribadi, institusi atau komunitas bersangkutan. Keberhasilan guru PAI lembaga pendudukan umum dimaksud, juga akan menambah catatan prestasi bagi Kementerian Agama tingkat provinsi dan kabupaten atau kota bersangkutan. (zar)