Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Ujian Madrasah MTsN 1 Kota Payakumbuh Oleh Kabid Penmad Kanwil Kemenag Sumbar

Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Ujian Madrasah MTsN 1 Kota Payakumbuh Oleh Kabid Penmad Kanwil Kemenag Sumbar
Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Ujian Madrasah MTsN 1 Kota Payakumbuh Oleh Kabid Penmad Kanwil Kemenag Sumbar

Payakumbuh, Humas--- Ujian madrasah yang digelar mulai Senin, 29 Maret 2021 s.d 10 April 2021 merupakan puncak perjuangan siswa kelas IX MTsN 1 Kota Payakumbuh dalam menggapai mimpi dan harapan menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Sebanyak 548 orang peserta didik MTsN 1 Kota Payakumbuh yang terdiri dari 219 orang peserta didik laki-laki dan 329 orang perempuan, mengikuti Ujian Madrasah menggunakan E-learning CBT pada 6 labor komputer yang sudah disiapkan madrasah. Ujian dilaksanakan 3 sesi, sesi pertama berlangsung dari pukul 8.00 – 10.00 WIB, sesi 2 pukul 10.30 – 12.30, dan sesi 3 berlangsung pukul 13.30 – 15.30 untuk 1 mata ujian setiap harinya.

Hari ini Rabu, 31 Maret 2021, tim monev Kanwil Kemenag Sumbar didampingi tim monev Kemenag Kota Payakumbuh meninjau pelaksanaan ujian madrasah di MTsN 1 Kota Payakumbuh. Monev ini dihadiri oleh Kabid Penmad, H. Syamsul Arifin, Kepala  Kemenag Kota Payakumbuh, H. Ramza Husmen, Kasi Penmad Kota Payakumbuh, H. Jufrimal, Pengawas Madrasah, Hj. Yursilis beserta seluruh kepala MTsN dan MAN se Kota Payakumbuh.

Rombongan tim monev diterima langsung Kepala MTsN 1 Kota Payakumbuh, Hj. Ermita, di ruang kerjanya didampingi KTU beserta wakil kepala dan beberapa orang panitia ujian madrasah. Dalam  bincang-bincang ringan dengan Kabid Kanwil beserta Kemenag Kota Payakumbuh, Hj. Ermita  melaporkan jalannya pelaksanaan ujian sekaligus menyerahkan buku panduan UM MTsN 1 Kota Payakumbuh kepada Kabid Kanwil Kemenag Sumbar dan Kepala Kemenag Kota Payakumbuh.

Dalam kunjungan ini, H. Syamsul Arifin juga mengadakan wawancara dengan panitia pelaksana Ujian Madrasah periode 2020/2021 yang diwakili oleh wakil sekretaris UM MTsN 1 Kota Payakumbuh, Noviyarli.  Wawancara ini membahas tentang pelaksanaan, permasalahan, dan kendala selama ujian berlangsung, baik yang disebabkan karena faktor eksternal maupun internal, karena pelaksanaan Ujian Madrasah berbasis E-learning perdana dilakukan untuk tahun ini.

Sebelum meninggalkan MTsN 1 Kota Payakumbuh, bapak yang tegas dan berwibawa ini juga menyempatkan diri untuk meninjau langsung pelaksanaan ujian madrasah pada salah satu labor komputer tempat ujian berlangsung, dengan tidak lupa memberikan semangat dan motivasi kepada peserta ujian.

Pelaksanaan Ujian Madrasah berbasis E-learning di MTsN 1 Kota Payakumbuh mendapat apresiasi positif dari Kabid Penmad Kanwil Kemenag Sumbar beserta rombongan.

"Semoga ujian berlangsung lancar dan seluruh peserta ujian memperoleh nilai yang memuaskan," harapnya. (NOVI)