Tim Akreditasi MTsN 4 Pasaman Ikuti Virtual Meeting Tentang Pendampingan Akreditasi Madrasah

Tim Akreditasi MTsN 4 Pasaman Ikuti Virtual Meeting Tentang Pendampingan Akreditasi Madrasah

Bonjol--Humas Tim akreditasi MTsN 4 Pasaman mengikuti kegiatan Virtual Meeting yang digelar oleh Bidang Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat, Kamis (1/4) bertempat di ruangan waka MTsN 4 Pasaman. Kegiatan yang bernama NGOBRAS (Ngobrol Bareng Sukses Madrasah) kali ini mengusung tema Pendampingan Akreditasi Madrasah Tahun 2021.

Kepala BAN-S/M Sumatera Barat Sufyarma Marsyidin sebagai pemateri pertama menyampaikan bahwa akreditasi dilakukan untuk menentukan kelayakan program/satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan non formal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan. Ditambahkan juga bahwa mulai tahun 2020 BAN S/M mengembangkan "Dashboard Monitoring" capaian kinerja pada setiap satuan pendidikan. 

"Mulai tahun 2021 akan diberlakukan sistem akreditasi baru dengan menerapkan IASP 2020," terangnya.

Lebih lanjut juga disampaikan alasan perubahan instrumen akreditasi yang sekarang merujuk pada IASP (Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan)  2020 diantaranya instrumen lama yang belum bisa menjawab tentang kinerja atau performance karena masih bersifat administratif. Selanjutnya penetapan hasil akreditasi S/M juga dinilai masih belum efektif dan efisien,  serta kompetensi asesor yang juga dinilai belum sesuai dengan perkembangan IT. 

MTsN 4 Pasaman sendiri sejauh ini sudah mempedomani penyusunan dokumen yang merujuk pada IASP 2020. Dan sesuai dengan arahan yang disampaikan saat virtual meeting tadi,  seluruh S/M masih menunggu untuk jadwal visitasi serta bagaimana teknis pelaksanaan visitasi ini nantinya.  (arya)