Ka Kanwil Kemenag Sumbar Kunjungi Gerakan Subuh Berjamaah Kecamatan Canduang

Ka Kanwil Kemenag Sumbar  Kunjungi  Gerakan Subuh Berjamaah Kecamatan  Canduang

Canduang, Inmas - Subuh berjama’ah merupakan salah satu wadah untuk meningkatkan silaturrahmi sesama umat muslim, demikian disampaikan Kepala Kanwil Kemenag Propinsi Sumatera Barat H. Hendri dalam kunjungan beliau pada acara Gerakan Subuh Berjamaah Kecamatan Canduang Minggu/04 April 2021 yang bertempat di masjid Sidang Sebuah Balai Nagari Canduang Koto Laweh Kecamatan Canduang Kabupaten Agam.

Hadir juga dalam subuh berjamaah ini Kepala Kankemenag Kabupaten Agam H.Edy Oktafiandi, Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Agam Syahmendra Putra Dt Mulia Basa,  Anggota DPRD Kabupaten Agam H.Ridwan Suhaili, Kepala KUA Kecamatan Canduang, Ampek Angkek dan Baso serta Penyuluh Agama Islam.

Gerakan Subuh Berjamaah Kecamatan Canduang dipelopori oleh Forum Penyuluh Agama Kecamatan Canduang. Program ini telah berjalan selama 4 ( empat ) tahun dan dilaksanakan setiap minggu di masjid dan mushalla secara bergilirian. Animo masyarakat dalam kegiatan Gerakan Subuh Berjamaah ini dari minggu ke minggu semakin tinggi, walaupun sempat terhenti di masa pandemi selama 8 bulan namun tidak mengurangi semangat jamaah untuk melanjutkan program ini di masa new normal dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, demikian dilaporkan Darno Efendi Penyuluh Agama Islam Kecamatan Canduang yang juga sekaligus Ketua Gerakan Subuh Berjamaah. “Saat ini jamaah berjumlah lebih kurang 1000 Orang yang berasal dari 3 ( Tiga) Kecamatan yaitu Canduang, Ampek Angkek dan Baso,” tambah Darno.

H. Hendri dalam sambutannya memberikan motivasi serta  dukungan sepenuhnya terhadap program ini, disamping meningkatkan hablumminallah juga mempererat hablumminnas diantara sesama jamaah dan pada akhirnya ukhwah islamiyyah semakin kokoh. Dalam kesempatan ini beliau juga menyerahkan bantuan sebesar Rp. 7.000.000,- ( Tujuh Juta Rupiah ) untuk kegiatan Gerakan Subuh Berjamaah.

Syafrizal, Sekretaris Umum BKMT Propinsi Sumatera Barat yang didaulat sebagai penceramah dalam subuh berjamaah ini menyampaikan agar seluruh jamaah senantiasa meningkatkan keimanan sehingga kita tidak terlalu larut dalam ketakutan yang akan mempengaruhi imunitas tubuh kita.

Kepada penyuluh agama sebagai pelopor kegiatan ini Kakankemenag Kabupaten Agam H.Edy Oktafiandi memberikan apresiasi dan wejangan agar penyuluh agama tetap semangat melakukan amar ma’ruf nahi mungkar walaupun berbagai halangan dan rintangan yang harus dihadapi serta “selalu berinovasi untuk meningkatkan kreatifitas”, ujar Edy. RY