Dandim 0310/SSD Sebut Kerukunan Umat Beragama Kota Sawahlunto Terbaik

Dandim 0310/SSD Sebut Kerukunan Umat Beragama Kota Sawahlunto Terbaik
Dandim 0310/SSD Sebut Kerukunan Umat Beragama Kota Sawahlunto Terbaik
Dandim 0310/SSD Sebut Kerukunan Umat Beragama Kota Sawahlunto Terbaik

Sawahlunto, Humas-Dandim 0310/SSD, Letkol Inf. Endik Hendra Sandi menyebutkan, Kota Sawahlunto dinilai terbaik dalam menjaga kerukunan umat beragama selama ini di wilayah kerjanya yakni Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung dan Dharmasraya.  Demikian ia sampaikan usai menyerahkan piagam dan plakat penghargaan kepada Wawako, para tokoh agama Islam dan Nasrani di ruang rapat Balaikota Sawahlunto pada acara pembinaan kerukunan umat beragama, Selasa (6/4).

Menurutnya, kerukunanan umat beragama harus dipelihara dan dirawat bersama demi Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

"Berbagai upaya telah dilakukan orang lain untuk memecah belah bangsa hingga melalui isu-isu agama, jika kita tidak rukun maka dapat menghancurkan kesatuan NKRI, mari jadikan perbedaan sebagai kekuatan," kata Dandim. 

Selanjutnya, Ia mengajak lapisan masyarakat agar tidak terprovokasi dengan informasi-informasi yang bisa merusak kerukunan umat beragama.

"Indonesia sebagai negara multikultural mari kita jaga karena merusak kerukunan sangat bertentangan dengan nilai-nilai dasar agama maupun Pancasila dan UUD 1945 serta Bhinneka Tunggal Ika," pungkasnya. 

Sementara itu, Wakil Walikota Sawahlunto, H. Zohirin Sayuti mengucapkan terimakasih atas penghargaan yang diberikan Dandim ke Kota Sawahlunto. 

"Sudah 35 tahun saya berada di Sawahlunto, belum pernah ada gesekan antar agama karena memang masyarakat di sini memiliki rasa kebersamaan, kekeluargaan yang tinggi," ucap Wawako. 

Pada kesempatan itu, Wawako mengapresiasi peran  aktif FKUB dalam merawat kerukunan umat beragama. 

"Melalui penghargaan ini, mudah-mudahan menjadi motivasi bagi semua pihak untuk tetap menajaga kerukunan umat beragama," pungkasnya. 

Lain hal dengan Ketua MUI Kota Sawahlunto, H. Darmuis mewakili agama Islam menerima penghargaan Dandim, Ia mengatakan, sejak dirinya aktif di MUI baru kali ini pemberian penghargaan diberikan kepada MUI. 

Selain itu, dua tokoh agama Nasrani dari Katolik dan Protestan juga diberikan kesempatan memberikan sambutan.  Kedua pemuka agama tersebut mengakui, dengan kebersamaan hidup rukun akan terpelihara baik. 

Turut hadir selama acara berlangsung, Wakapolres, Kepala Badan Kesbangpol, perwakilan Kemenag, Pengurus  FKUB, Kodim 0310/SSD beserta jajaran masing-masing. (f@hmi)