Sahrijal, Dilantik Jabat Penghulu

Sahrijal, Dilantik Jabat Penghulu

Pasaman,Humas—Satu Penghulu bertambah untuk lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman.

Kepala Kantor Kemenag Pasaman Dedi Wandra Kamis (8/4) menyampaikan seorang ASN dilingkupnya Sahrijal Nasution telah dilantik sebagai Penghulu Muda. Dan secara keseluruhan sudah ada sebanyak 19 penghulu yang bertugas untuk di 12 Kecamatan ranah Pasaman.

“Alhamdulillah, kemarin (7/4) Sahrijal resmi dilantik dan diambil sumpahnya bersama 26 ASN lainnya se Sumatera Barat oleh Kepala Kanwil Kemenag provinsi Bapak Haji Hendri”, terang Dedi Wandra yang ikut menyaksikan di Padang.

Menurut Dedi Wandra, yang disandang oleh Sahrijal saat ini merupakan jabatan fungsional sangat spesial, luar biasa dan idola ditengah masyarakat karena dalam tusinya menghalalkan sesuatu yang haram yakni pernikahan.

Lanjutnya, dalam bertugas Penghulu berpedoman terhadap Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 19 Tahun 2018 tentang Pencatatan Nikah. Dan dalam hal pengaturan angka kredit atas jabatan fungsionalnya diatur dalam Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (Permenpan dan RB) Nomor 9 Tahun 2019.

Diterangkannya, dalam Permnepan tersebut jelas disebutkan bahwa Jabatan Fungsional Penghulu adalah jabatan sebagai pegawai pencatat nikah atau perkawinan yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan pelayanan dan bimbingan nikah atau rujuk, pengembangan kepenghuluan, dan bimbingan masyarakat Islam.

Pesannya, agar dapat menjalankan tusi sebaik-baiknya secara profesional dan memiliki integriti menjalankan jabatan sesuai regulasi, hukum agama serta keteladanan. Karena kebutuhan masyarakat akan layanan pernikahan sangat penting.

“Selamat kepada Saudara Sahrijal, semoga sukses dan profesional dalam bertugas nantinya”,ucapnya sembari bersyukur.(abie78)