"Bapisah Bukanyo Bacarai", MAN 1 Agam lepas 98 Siswa Kelas XII

"Bapisah Bukanyo Bacarai", MAN 1 Agam lepas  98 Siswa Kelas XII
"Bapisah Bukanyo Bacarai", MAN 1 Agam lepas  98 Siswa Kelas XII

Maninjau Humas – “Bapisah bukanyo Bacarai”. Begitulah kondisi hari ini Kamis 08 Maret 2021 di MAN 1 Agam. Serangkaian acara yang dikemas dalam kegiatan pelepasan dan Perpisahan oleh segenap Keluarga besar MAN 1 Agam terhadap peserta didiknya kelas XII tahun pelajaran 2020/2021.Tarian Galombang dan Tambua tansa dari siswa MAN 1  menambah kemeriahan suasana acara , lantunan suara Shalawat dalam senandung hadrah mengiringi kesyahduan kegiatan ini.
 
Acara pelepasan dan Perpisahan Siswa-Siswi Kelas XII MAN 1  Agam ini, melepas 98 siswanya,  terdiri dari 24 siswa Jurusan  IPA, 40 orang Jurusan IPS dan  34 siswa jurusan PK, Setelah sebelumnya seluruh siswa  telah menjalani Ujian Madrasah dan Ujian Praktek, sebagai syarat mutlak   untuk penentuan kelulusan  dan berhak mendapatkan Ijazah. 
 
Turut hadir dalam acara perpisahan Siswa-Siswi Kelas XII selain Majelis Guru MAN 1 Agam, juga  orang tua/ wali siswa Kelas XII MAN 1 Agam dan sejumlah undangan dari madrasah dan Insntansi terkait. Dan teristimewa Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam yang diwakili oleh Ka.Subag TU Kamiri.S.Ag.

Acara pelepasan dan perpisahan merupakan agenda Tahunan bagi setiap Madrasah, Namun kondisi ditengah pandemi Covid-19 tetap tidak menjadi penghalang bagi panitia Pelaksana untuk menggelar kegiatan ini dengan tetap menerapkan Prokes Masa Pandemi.

M. Syukur dalam hal ini sebagai ketua pelaksana memberikan keterangan prihal kegiatan ini,” Walaupun kondisi saat ini masih pandemi, namun kita tetap selenggarakan acara perpisahan untuk kelas XII secara sederhana, Namun tidak mengurangi kemeriah dan menerapkan Prokes”Ungkapnya. Lebih dari itu Wakil Kepala Bidang Kesiswaan ini meneruskan, “ Sejatinya kegiatan ini merupakan salah satu cara kita untuk memberikan penghargaan dan apresiasi kepada siswa kita yang sudah 3 tahun menimba ilmu di MAN 1 Agam’” Sambungnya.

Dalam sambutanya Azizul Hayati kepala MAN 1 Agam menyampaikan Pesan kepada seluruh siswa kelas XII agar meneruskan pendidikanya kejenjang yang lebih tinggi sesuai dengan kompetensi dan cita citanya, menuntut ilmu jangan sampai berhenti sampai disini, karena persaingan di masa mendatang tidak hanya menghandalkan skill,  juga ijazah formal dari  suatu lembaga pendidikan. Tidak hanya itu, Azizul Hayati juga menegaskan, setelah penyematan “ Salempang” sebagai tanda Alumni MAN 1 Agam, besar harapan pihaknya terhadap 98 siswa MAN yang di lepas,  tetap menambah pengetahuannya dan membuktikan eksistensinya  ditengah tengah masyarakat” Tegasnya.

Dalam sambutanya Ka. Subbag TU Ka Kemenag Kabupaten Agam berpesan Kepada  seluruh Siswa Kelas XII agar terus berkarya untuk kebahagian dan tantangan hidup mendatang, dengan  melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Kedepan corak kehidupan akan mengalami kompetitif, kompetensi individual dan akademik akan menjadi penentu, maka kami berharap kiranya Siswa MAN 1 Agam yang dilepas hari ini mampu mepersiapkan dirinya dengan pengetahuan dan keahlian, dengan menambah pengetahuan yang maksimal dan menggali ilmu di perguruan tinggi nantinya.” Katanya.

Sesaat setelah menyampaikan sambutanya Kamiri menerima sebuah buku karangan Fahmi Aulia Rahman  Siswa Kelas XII Jurusan IPA . Buku monumental itu mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari Mantan Ka KUA Kecamatan Tanjung Raya tersebut dengan dasar jarang sekali ditemukan seusia Fahmi sudah mampu mengarang sebuah buku, apalagi buku yang diterbitkan tahun ini merupakan buku ketiga karyanya. Tidak hanya itu Kamiri juga memberikan penghargaan kepada para hafizh quran, terdiri dari 2 orang 5 Juz, 4 orang 4 Juz dan 1 orang 3 juz.

Salah seorang  Wali siswa Kelas XII  menyampaikan ungkapan terima kasih yang tidak terhingga kepada seluruh majlis guru MAN 1 Agam yang telah mencurahkan ilmu dan pengetahuanya untuk bekal bagi anaknya. “ Terima kasih kami selaku orang tua kepada seluruh Tenaga Pendidik dan Kependidikan di MAN 1 Agam, yang telah membekali anak anak kami dengan pengetahuan dan keterampilan, semoga apa yang telah diberikan akan menjadi amal yang berkekalan dan menjadi Ilmu yang bermamfatat” Ungkap orang tua hanifa bil Qisthi..

Kegiatan pelepasan dan perpisahan kelas XII MAN 1 Agam ini  diwarnai oleh rasa suka dan duka baik dikalangan siswa maupun majlis guru, apalagi ditambah dengan pertunjukan Kabaret dari grup bengkel sastra siswa MAN. 

“Nilai persahabatan akan bermakna, bila mana manusia memasuki pintu perpisahan: Kahlil Gibran. ( Hasnan)