MTsN 1 Kota Pariaman Lepas Siswa Kelas IX dengan Tausiah

MTsN 1 Kota Pariaman Lepas Siswa Kelas IX dengan Tausiah

Pariaman, Humas—MTsN 1 Kota Pariaman melaksanakan pengembalian siswa kelas IX tahun pelajaran 2020/2021 kepada orang tua dengan tausiah. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu (07/04) di Aula MTsN 1 Kota Pariaman.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, perpisahan dengan siswa kelas IX dilaksanakan dengan meriah. Bahkan, ada perpisahan di dalam dan di luar. Namun, untuk tahun ini hanya dilaksanakan dengan kegiatan sederhana, tetapi tidak mengurangi makna dari kegiatan tersebut. Hal ini mengingat situasi covid 19 dan tetap menjaga protokol kesehatan.

Kegiatan yang dilaksanakan di dalam ruangan ini dihadiri Kakan Kemenag Kota Pariaman, dalam hal ini diwakili Pelaksana Tugas Harian, Kasubag Tu, Zahardi dan Kasi Pendis, Syaiful Azmi. Dalam arahannya, Zahardi mengucapkan selamat kepada siswa kelas IX yang telah selesai mengikuti ujian akhir.

“Semoga Ananda semua lulus 100% dengan nilai yang tinggi dan bisa melanjutkan ke sekolah yang Ananda impikan. Jangan lupakan guru Ananda di sini dan tetap jaga silaturahmi serta nama baik madrasah ini,” ungkapnya.

Kegiatan yang dinamakan dengan pengembalian siswa kelas IX kepada orang tua ini juga dihadiri perwakilan beberapa orang tua. Kalau tahun-tahun sebelumnya dihadiri seluruh orang tua siswa kelas IX. Akan tetapi, kali ini hanya perwakilan orang tua saja mengingat protokol kesehatan.

Dalam sambutannya, Kepala MTsN 1 Kota Pariaman, Nur Eliwati mengucapkan terima kasih Kepada Kakankemenag Kota Pariaman dan jajarannya dan juga perwakilan orang tua yang telah menghadiri kegiatan ini.

“Selamat datang dan terima kasih Kepada Kepala Kantor Kementarian Agama dan rombongan serta orang tua yang telah menghadiri kegiatan ini. Terima kasih juga kepada seluruh panitia yang telah menyiapkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

“Ananda kelas IX, hari ini adalah hari yang sangat berarti bagi Ananda. Walaupun Ananda belum dinyatakan lulus, tetapi Ananda telah menyelesaikan semua proses pendidikan rangkaian kegiatan ujian akhir. Semoga Ananda semua lulus dengan nilai yang sangat memuaskan dan bisa melanjutkan ke sekolah yang diharapkan. Tiga tahun Ananda di sini, banyak suka, duka, ilmu, dan pengalaman yang tidak ternilai harganya yang Ananda peroleh. Selama di sini Ananda ditempa dengan disiplin yang ketat, itu semua demi kebaikan Ananda,” jelasnya.

“Lanjutkanlah cita-cita Ananda. Tetap jaga nama baik almamater kita! Terapkanlah ilmu-ilmu yang Ananda peroleh selama ini! Tetap jaga akhlakul karimah di mana pun Ananda berada! Janganlah lupakan guru dan madrasah kita ini. Tak kalah penting adalah doa dan restu orang tua. Tetap jaga silaturahmi dengan madrasah kita ini! Semoga Ananda semua dan alumni MTsN 1 Kota Pariaman sukses nantinya,” pesan dan harapannya menutup pembicaraan.

Kegiatan bertambah haru dengan penyampaian kata-kata perpisahan dari perwakilan siswa kelas IX dan dibalas oleh perwakilan siswa kelas VII dan VIII. Semua yang hadir ikut terbawa suasana haru sekaligus bahagia. Dalam kata-kata perpisahan tersebut banyak terdapat pesan-pesan untuk siswa yang akan meninggalkan dan juga siswa yang akan ditinggalkan.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan tausiah dari Ustad M. Ihsan Basar yang merupakan salah seorang guru bahasa Arab di MTsN 1 Kota Pariaman.

Dalam tausiahnya, Ihsan mengajak siswa untuk selalu melaksanakan salat tahajud setiap malam agar semua yang diinginkannya bisa dikabulkan oleh Allah Swt. Jangan pernah mengeluh dengan segala beban dan masalah yang dihadapi! Mengadulah hanya kepada Allah Swt. Selalu berbakti kepada kedua orang tua. Jagalah selalu aklahknya di mana pun berada,” pesannya.

Kegiatan berjalan dengan sukses ini ditutup dengan makan bersama. Setelah itu foto bersama per kelas beserta kepala, para wakil kepala, Kaur TU, pembina OSIM, dan wali kelas masing-masing. (Delsi).