Kanwil Kemenag Sumbar Kembali Raih Penghargaan

Kanwil Kemenag Sumbar Kembali Raih Penghargaan
Kanwil Kemenag Sumbar Kembali Raih Penghargaan

Padang, Humas__ Dibawah komando H. Hendri, S.Ag, M.Pd, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat kembali menerima penghargaan dari Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf sebagai Operator Simzat Terbaik di Indonesia pada acara Bimtek Audit Syariah di Hotel Holiday Inn Kemayoran Jakarta Pusat, Selasa (6/4) malam. 

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Seksi Akreditasi dan Audit Syariah, Dewi Tri Wulandari kepada Kepala Seksi Zakat Bidang Penaiszawa Kanwil Kemenag Sumbar, H. Rifki Diflaizer.

Menurut Rifki, ketika dihubungi Humas, ada lima Provinsi termasuk Sumbar yang menerima penghargaan. 

Ia mengaku penghargaan tersebut diberikan hanya kepada Kanwil Kemenag yang aktif melakukan pendampingan audit syariah dan menginput datanya lewat Simzat secara nasional.

Mengenai inti dari audit syariah itu sendiri, Rifki mengatakan bahwa itu merupakan cara mengontrol dan mengawal Baznas dan Laz yang ada di masing-masing Provinsi dalam pendistribusian dan pengumpulan zakat. 

"Dengan melaksanakan audit syariah, kita bisa melihat sejauh mana kepatuhan syariah yang dilakukan Baznas dan LAZ dalam perencanaan, pelaksanaan dan pendistribusian serta pendayagunaan zakat di wilayah kerjanya," terang Rifki.

"Alhamdulillah, apresiasi yang kita dapatkan berkat kerjasama tim yang solid dan cerdas di Kemenag Sumbar sesuai arahan dan dukungan pimpinan tentunya," ujarnya.

"Semua ini tidak lepas dari arahan bapak Plt. Kabid dan Kakanwil selaku pimpinan yang selalu memotivasi kita untuk memaksimalkan tusi dan berbuat untuk umat demi Indonesia Maju," tambahnya.

Sebagai informasi, ada duapuluh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan enam lembaga pengelola zakat swasta (LAZ) berizin di Sumatra Barat.

Ketika dikonfirmasi mengenai capaian ini, Kakanwil Kemenag Sumbar sampaikan apresiasinya atas penghargaan yang diterima jajarannya.

"Selamat dan terimakasih kepada seluruh Seksi Zakat atas kerja keras dan kerja cerdasnya sehingga membuahkan prestasi. Semoga capaian ini juga bisa memotivasi seksi-seksi lain dalam bekerja dan berinovasi demi melayani umat," tutur Kakanwil. Vn