Jelang Ramadhan 1442 H, Kemenag Imbau Jajaran Gencar Sosialisasikan Edaran Menag

Jelang Ramadhan 1442 H, Kemenag Imbau Jajaran Gencar Sosialisasikan Edaran Menag

Sawahlunto, Humas-Menjelang masuknya bulan suci Ramadhan 1442 H, Pelaksana tugas Kepala Kankemenag Kota Sawahlunto, H. Eri Iswandi mengimbau jajaran agar gencar memberikan sosialisasi Surat Edaran Menteri Agama Nomor 3 Tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 2021.

Hal itu Ia kemukakan pada rapat dinas jajaran Kementerian Agama Kota Sawahlunto yang Kasubag TU, Kasi, Penyelenggara zakat dan wakaf, Kepala KUA serta Kepala madrasah Ibtidaiyah, tsanawiyah maupun Aliyah. 

Penyampaian langsung tentang edaran puasa ramadhan masa pandemi Covid-19 sebut dia, sebenarnya lebih mudah dimengerti dan difahami masyarakat.

"Kendati demikian, kepada Kasi Bimas beserta jajaran menyiapkan turunan edaran Menag itu ke bawah," demikian Ia perintahkan. 

Disamping itu, Eri menjelaskan pula dua program utama Kemenag yang harus direalisasikan yakni moderasi beragama dan program layanan digital. 

"Aplikasi Kemenag itu banyak, ada aktif dan ada tidak, target Kemenag tahun 2021/2022, semuanya sudah terintegrasi dan tugas kita menyiapkan data valid," ujarnya di Aula Kemenag Sawahlunto.

Terkait evaluasi realisasi anggaran triwulan 1, Eri berharap supaya dimaksimalkan pada triwulan kedua nanti.

"Target realisasi kita triwulan pertama ini berada nomor urut 15 se-Sumatera Barat, untuk triwulan 2 harus dioptimalkan dan tidak ada alasan karena puasa, saya minta Kasubag menyiapkan penghargaan bagi unit/satker tertinggi serapan anggarannya nanti,  " ulasnya. 

Tak hanya itu, dirinya juga mengingatkan tugas ASN mewujudkan zona integritas wilayah birokrasi bersih melayani  dan bebas korupsi.

Menutup sambutan, Eri menyinggung persiapan kegiatan ramadhan bagi ASN seperti rasanya Al Quran dan Wirid.

Selama musyawarah berjalan, peserta rapat diberikan kesempatan untuk bertanya sekaligus menyampaikan perkembangan program kegiatan masing-masing. (f@hmi)