Ustadz dan Da'i Punya Peran Strategis di Semua Bidang dalam Pembangunan Bangsa

Ustadz dan Da'i Punya Peran Strategis di Semua Bidang dalam Pembangunan Bangsa

Agam, Humas--Ustadz dan Da'i mempunyai peran yang sangat strategis di segala bidang dalam pembangunan bangsa terutama di bidang pendidikan dan agama.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Agam, Andri Warman saat menghadiri kegiatan Silaturrahmi dan Pembekalan Ustadz dan Dai se kabupaten Agam yang diselenggarakan oleh Himpunan Ustadz dan Dai Agam (HUDA) pada hari Rabu (07/04) di Aula SMAN 1 Tilatang Kamang Kabupaten Agam.

Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1442 H ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam, Kabag Kesra Sekdakab Agam, Anggota DPRD Kabupaten Agam, Camat Tilatang Kamang, Wali Nagari Koto Tangah, Ustadz dan Da'i se Kabupaten Agam.

Dalam pertemuan ini, Bupati Agam juga meyampaikan bahwa pengurus Himpunan Ustadz dan Da'i Agam atau HUDA yang baru terbentuk beberapa bulan yang lalu untuk segera dikukuhkan dan dilantik sebagaimana mestinya sehingga setelahnya dapat dilakukan kerjasama antara Pemkab Agam dan HUDA dalam pengembangan pendidikan agama dan Islam di tengah masyarakat Kabupaten Agam.

"HUDA mempunyai peran penting dalam mengembangkan ajaran Islam karena mereka yang terhimpun di dalamnya mempunyai keahlian di bidang tersebut sehingga dianggap mampu dalam mensukseskan program Pemerintah kabupaten Agam dalam mengembangkan kurikulum pendidikan agama di setiap sekolah yang nantinya akan menjadi kurikulum lokal sekolah di Kabupaten Agam", tutur Bupati Agam lagi.

Bupati Agam juga mengungkapkan bahwa di Kabupaten Agam memang ada Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang memayungi para ulama di kabupaten Agam ini, namun HUDA akan sangat berperan dengan terjun langsung kepada masyarakat dalam mengembangkan ajaran Islam, baik itu melalui khutbah ataupun ceramah pada masyarakat atau jamaahnya.

Dan Bupati  Agam berharap HUDA juga dapat menaungi para guru mengaji untuk mengawal pendidikan al Quran dan para penghafal al Quran di daerahnya masing-masing. Syef