"Drama Kabaret" Siswa MAN 1 Agam Pukau Peserta Acara Perpisahan

"Drama Kabaret" Siswa MAN 1 Agam Pukau Peserta Acara Perpisahan

Maninjau Humas, Drama Kabaret merupakan Salah satu kegiatan extra kurikuler MAN 1 Agam  dibawah naungan Bengkel sastra. Kegiatan ini salah satu yang paling diminati oleh siswa MAN 1 Agam. Pertunjukan Drama Kabaret ini sering di tampilkan tidak hanya dalam acara resmi, juga dalam pergelaran pentas seni di MAN 1 Agam. Dilihat dari tampilanya sejumlah siswa mampu menyuguguhkan cerita  komedian namun sarat dengan pesan moral. Kreasi dan imajinasi siswa dapat terwadahi melalui kegiatan ini.

Kemaren Kamis 8 Maret 2021 tim bengkel sastra siwa MAN 1 Agam dibawah kendali Tahaki dan Rika Olivia  kembali unjuk kebolehanya dihadapan Ratusan siswa dan Orang tua siswa di halaman utama MAN 1 Agam. Pergelaran Drama kabaret ini di maksudkan untuk memberitahu keseluruh siswa dan orang tua siswa, bahwa siswa MAN 1 Agam mampu menunjukan kemampuanya tidak hanya dari sisi  ceramah Agama, juga disisi lain, mereka piawai dalam berkreasi untuk  berdakwah melalui pesan dari sebuah drama kabaret.

“MAN 1 Agam punya banyak sarana untuk mewadahi dan menyalurkan potensi dan bakat siswa, kegiatan ektra kurikuler merupakan sarana yang efektif untuk mengembangkan hal tersebut “ Ujar M. Syukur Wakil Kepala Bidang Kesiswaan. Lebih Lanjut M.Syukur Menjelaskan, “ Beragam sarana  yang tersedia di MAN 1 Agam, sebagai  media bagi kami untuk menfasilitasi bakat dan hoby dari siswa MAN, disamping  kegiatan olah raga dan perlengkapanya , seni keterampilan, dan tidak kalah pentingnya adalah Bengkel sastra “ Jelasnya.

Show bengkel sastra dalam bentuk penampilan Drama Kabaret siswa MAN 1 Agam yang berlangsung kemaren, banyak mendapatkan apresiasi yang luar biasa dikalangan siswa dan orang tua, gelak tawa dan rasa haru pun menjadi warna selama berlangsungnya drama tersebut. Drama yang berdurasi lebih kurang satu jam itu, merupakan salah satu acara yang ditunggu tunggu siswa MAN.  Pergelaran  Drama  Kabaret kali ini mengambil Tema “ Anak Kantin”.

Saat ditanya tentang pesan apa yang akan disampaikan dalam cerita ini, Rika olivia selaku Pembina kegiatan  Bengkel  Sastra menjelaskan, “ pesan yang ingin disampaikan adalah untuk memberikan pelajaran kepada siswa agar waktu belajar jangan habis oleh obrolan dan diskusi  dikantin, dan juga terkadang tugas dan kewajiban belajarpun mereka selesaikan dikantin”.

Berkenaan dengan persiapan penampilan Drama Kabaret ini, Tahaki salah seorang Pembina menjelaskan, “ Alhamdulillah, karna bakat dan potensi siswa kita sudah cukup memadai, untuk latihan kita hanya mengarahkan dan menyempurnakan saja, seluruh peserta Drama cukup piawai dalam mengexpresikan diri dalam bentuk gerak dan ucapan yang sesuai dengan tuntutan alur cerita” Ungkapnya.

“Bengkel sastra  di MAN 1 Agam akan terus kita kembangkan dan lestarikan, karena ini salah satu media dan sarana untuk menyampaikan pesan  agama, paparan kehidupan dan penyadaran diri, dan ini adalah ciri khas ekstra kurikuler kita, berhubung saat ini untuk sekolah dan madrasah di kecamatan Tanjung Raya belum memilikinya” Tegas Azizul Hayati Kepala MAN 1 Agam.( Hasnan)