BAZNAS Sawahlunto Imbau Pengurus Masjid/Musalla Bentuk UPZ

BAZNAS Sawahlunto Imbau Pengurus Masjid/Musalla Bentuk UPZ

Sawahlunto, Humas-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Sawahlunto mengimbau seluruh pengurus masjid dan musalla agar membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) resmi. Hal itu disampaikan Ketua BAZNAS Kota Sawahlunto, H. Edrizon pada pertemuan antara jajarannya dengan kepala desa/lurah serta pengurus masjid se-Kecamatan Lembah Segar di Aula Kantor Camat terkait, Kamis (15/4).

Menurutnya, kegiatan pengumpulan zakat di masjid/musalla sudah dilakukan selama ini oleh pengurus masing-masing. Hanya saja legalitas formalnya belum diakui secara hukum.

"Kita lihat, selama ini SK pengumpul zakat ada yang dibuat sendiri pengurus masjid dan ada dari desa/lurah, padahal kewenangan membuat SK tersebut adalah BAZNAS, kami harap setelah ini pengurus secepat mungkin mengusulkan nama-nama UPZ untuk kami terbitkan SK-nya," kata Edrizon. 

Mantan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat itu berharap, dengan adanya SK UPZ masjid/musalla yang diterbitkan BAZNAS, diharapkan potensi zakat di Kota Sawahlunto dapat dihimpun secara maksimal dari para muzakki dan bukan hanya dari ASN semata. 

"Nanti UPZ ini akan bertugas mengumpulkan dan melaporkan zakat kepada BAZNAS, sehingga diketahui data zakat di setiap masjid, apalagi saat ramadhan ini akan ada aktifitas itu terutama zakat fitrah," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Kankemenag Kota Sawahlunto diwakili Penyelenggara zakat dan wakaf, Zulfahmi dalam sambutannya mengapresiasi BAZNAS Sawahlunto mengadakan pertemuan dengan kepala desa/lurah beserta pengurus masjid perkecamatan guna bermusyawarah merumuskan bagaimana kiat meningkatkan pengumpulan zakat dikalangan masyarakat. 

Ia berpendapat, sudah saatnya pengelolaan zakat di desa/kelurahan terkoordinir baik di bawah pengendalian BAZNAS dengan tetap memperhatikan kearifan lokal. 

Kendati dilaksanakan dalam suasana puasa, rapat berjalan alot dan diwarnai banyak pertanyaan. 

Selain lima Pimpinan BAZNAS Sawahlunto, turut hadir dan memberikan sambutan, Sekcam Lembah Segar, Yoserizal. (rf)