MTsN 4 Pasaman Kolaborasikan Pembelajaran dan Kegiatan Keagamaan di Bulan Ramadhan

MTsN 4 Pasaman Kolaborasikan Pembelajaran dan Kegiatan Keagamaan di Bulan Ramadhan

Bonjol--Humas Selama a pembelajaran di bulan ramadhan,  MTsN 4 Pasaman mengkolaborasikan kegiatan pembelajaran dan kegiatan keagamaan. Hal ini dikarenakan selama pandemi masih banyak materi pembelajaran yang belum tuntas. Dan untuk kegiatan keagamaan sendiri,  dibuat rangkaian kegiatan praktek keagamaan yang sifatnya masih mendasar seperti kegiatan berwudhu dan juga pelaksanaan ibadah sholat, Sabtu (17/4).

Untuk pelaksanaan praktek keagamaan,  dibimbing langsung oleh guru mata pelajaran PAI bekerja sama dengan guru mapel umum.  Sebelumnya, kepada seluruh guru pembimbing diberikan konsep yang seragam guna menyatukan persepsi saat memberikan penjelasan kepada siswa.  Seperti yang disampaikan oleh guru mapel Fikih MTsN 4 Pasaman,  Afrizal. 

"Kita seragamkan dan samakan konsep mengenai praktek ibadah seperti berwudhu dan juga praktek sholat kepada siswa.  Hal ini mengingat dalam ibadah sehari-hari masih banyak siswa yang belum paham dan seringkali salah saat mengambil wudhu dan tata cara pelaksanaan sholat dengan benar.  Seperti rukun wudhu, misalnya.  Saat mengusap muka,  masih ada siswa yang masih asal-asalan dan tidak membasuh seluruh wajah. Begitu juga dengan rukun lainnya yang tidak dilaksanakan secara sempurna.  Jika dalam hal berwudhu saja siswa belum sempurna dalam melaksanakannya,  bagaimana akan sah nantinya dalam melaksanakan ibadah sholat," jelas Afrizal.

Untuk itu,  guru langsung mempraktekkan bagaimana tata cara pelaksanaan ibadah secara benar.  Saat mengambil wudhu,  guru pembimbing pun langsung berdiri di samping siswa memberi contoh.  Begitu juga dengan praktek sholat. Jadi, jika ada gerakan yang salah maka akan segera dibetulkan guna tidak terjadinya kesalahan bagi siswa (arya)