Tim Safari Ramadhan MAN 1 Agam Buktikan Eksistensinya Di Tengah Ummat

Tim Safari Ramadhan MAN 1 Agam Buktikan Eksistensinya  Di Tengah Ummat

Maninjau Humas. Tim Safari Ramadhan MAN 1 Agam kembali membuktikan eksistensinya ditengah tengah Umat, Pendidikan Formal yang dipelajari di Madrasah tidak serta merta mengenyampingkan fungsi Madrasah sebagai salah satu Lembaga keagamaan yang akan mencerahkan kehidupan Beragama bagi masyarakat melalui jalur dakwah.

Rabu (14/4/2021), Kepala MAN 1 Agam Melepas sebanyak 12 orang siswanya untuk melakukan safari dakwah ditengah tengah masyarakat. Kegiatan Tahunan ini merupakan salah satu bentuk edukasi terhadap peserta didik untuk berani tampil menyampaikan pesan agama ke masyarakat.

Azizul Hayati saat diminta penjelasanya prihal kegiatan ini menyebutkan kegiatan safari Ramadhan ini merupakan salah satu misi madrasah kita untuk menggembleng mental dan kompetensi siswa dalam menyampaikan pesan agama kepada masyarakat, secara kelembagaan mereka sudah kita didik di madrasah melalui program Muhadharah, Namun audiensnya sebatas Siswa, sekarang mereka akan berhadapan dengan masyarakat dengan latar belakang yang beragam.

"Maka momen ini harus dimanfaatkan untuk meningkatkan percaya diri yang tinggi dengan penguasaan keagamaan yang cukup sempurnya,” Jelasnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Hasnan Akhyar Waka Ke Humasan MAN 1 Agam, “Sejumlah siswa yang diutus untuk berdakwah ke daerah yang berbeda setidaknya memberikan nilai yang tersendiri untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membangun komunikasi dengan masyarakat melalui ceramah agama,” Ungkapnya.

Lebih dari itu Guru bahasa arab ini juga mengatakan momentum Ramadhan disamping mendidik, mengarahkan serta menempa jati diri siswa, juga membangun silaturrahmi dengan masyarakat setempat dalam memperkenalkan keberadaan Madrasah dalam membangun kehidupan yang agamis.

Pendamping safari dakwah tahun ini M.Syukur mengaku bersyukur. "Alhamdulillah sudah berjalan dua kali kegiatan ini,kita merasa berbangga dengan penampilan peserta didik kita dalam menyuguhkan materi Dakwah ke jamaah, konstuksi kalimat dan ketepatan berbahasa sudah bisa mereka tampilkan, hal ini dibuktikan dengan apresiasi yang cukup memuaskan dari jamaah,” Ungkapnya.

Kegiatan safari Ramadhan untuk Tahun ini direncanakan akan bergulir dua pekan kedepan dengan tempat dan peserta yang bergantian,  secara teknis satu masjid akan diisi oleh tiga peserta dengan posisi yang berbeda,  Satu siswa bertindak sebagai pembawa acara, disusul dengan siswa lainya sebagai pembaca quran dan ditutup dengan satu lagi sebagai penceramah.dan untuk tempat tidak hanya di lingkungan Kecamatan Tanjung Raya juga diluar kecamatan Tanjung raya. 

MAN 1 Agam sebagai Madrasah Riset harus mampu untuk duduk sama rendah, berdiri sama tinggi dengan madrasah lainya, sebagai upaya untuk menjadikan madrasah hebat dan bermartabat.( Hasnan)