Tim Baznas Kunjungi MTsN 3 Agam

Tim Baznas Kunjungi MTsN 3 Agam

Balingka, humas – Selasa (20/4) MTsN 3 Agam mendapat kunjungan dari Tim Baznas Kabupaten Agam beserta rombongan dari Kankemenag Agam. Kunjungan yang merupakan kali pertama ini merupakan monitoring sekaligus sosialisasi peraturan terbaru terkait pengelolaan zakat di MTsN 3 Agam.

Tim Baznas yang langsung dipimpin oleh Ketua Baznas Kabupaten Agam, Eldi Zein, turut didampingi oleh Kakankemenag Edy Oktafiandi. Dalam sosialisasinya Eldi memberikan himbauan agar pengumpulan zakat khususnya di MTsN 3 Agam semakin dimaksimalkan agar nanti zakat yang terkumpul bisa membantu lebih banyak masyarakat yang membutuhkan.

“ Sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan sebanyak 40% dari total 2,5% zakat per satker nantinya akan dikembalikan lagi untuk diberikan oleh satker sehingga satker bisa membagikannya kepada penerima yang dianggap berhak. Sedangkan sisanya nanti akan kami kelola lagi untuk dibagikan kepada masyarakat,” terang Eldi.

Ditambahkan lagi oleh Edy Oktafiandy, pengumpulan zakat yang memang sudah menjadi agenda rutin di lingkungan Kemenag pun semakin hari kian membaik.

“ Alhamdulillah semenjak adanya UU zakat, pengelolaan zakat di Kabupaten Agam semakin hari semakin baik. Kemenag tentunya sangat mendukung program Baznas ini dengan turut bekerja sama mengumpulkan zakat di satker masing – masing. Terkhusus untuk MTsN 3 Agam kita juga mengucapkan terima kasih karena telah turut serta menyukseskan pengumpulan zakat ini sesuai dengan  tujuan program baznas,” ringkas Edy.

” Kita di MTsN 3 Agam Alhamdulillah zakatnya sudah 2,5 persen dengan 1 persen ditinggal di madrasah dan 1,5 persennya kita serahkan kepada baznas untuk dikelola. Zakat ini biasanya disalurkan saat buka bersama di bulan ramadhan yang sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya. Namun apabila seandainya kebijakannya memang mewajibkan 2,5 persennya harus diserahkan ke baznas untuk dikelola pastinya MTsN 3 Agam akan mendukung program baznas dan kemenag ini,” ungkap Desmawita selaku kepala madrasah.

Di bulan suci penuh rahmat ini, tentunya semakin banyak amalan yang dilakukan akan semakin banyak berkah yang diraih. Termasuk halnya dengan pengumpulan zakat, semakin banyak zakat yang terkumpul maka akan semakin tinggi kesejahteraan umat. (Deri)