Kemenag Dharmasraya Adakan Rapat Pemantauan Pembangunan MCK Sanitasi pada Ponpes Dharmasraya

Kemenag Dharmasraya Adakan Rapat Pemantauan Pembangunan MCK Sanitasi pada Ponpes Dharmasraya

Dharmasraya, Humas—Kantor Kementerian Agama kabupaten Dharmasraya melalui Seksi Pakis mengadakan Rapat Pemantauan Pembangunan MCK (Mandi, Cuci, Kakus) Sanitasi pada 3 Pondok Pesantren Kabupaten Dharmasraya di Kankemenag Dharmasraya, Rabu (21/04).

Ada 3 pondok pesantren yang mendapatkan bantuan, yaitu: Ponpes Darussalam sebanyak 400 juta  rupiah, Ponpes Darul Himkah 400 juta  rupiah, dan Ponpes  Nurul Izzah sebanyak 200 juta rupiah. Masing-masing diwakili oleh Pimpinan Ponpes yaitu H. Aminullah Salam dari Ponpes Darussalam, Sawal Yunus dari Ponpes Darul Hikmah, dan H. Abdul Syarif dari Ponpes Nurul Izzah.

Kasi Pakis Kemenag Dharmasraya H. Suhardi mengatakan bahwa pihak PUPR telah melakukan koordinasi dengan Kemenag terkait pengukuran pembangunan pada Ponpes yang akan dibangun MCK.

“Pihak PUPR telah melakukan koordinasi 4 kali Ke kemenag, dan saya telah mendampingi mereka untuk melakukan pengukuran lokasi yang akan dibangun MCK pada Ponpes bersangkutan,” jelasnya.

“Kita berharap kiranya Tim Pelaksana dan Pemantau di Ponpes agar berperan aktif dalam mengawasi tenaga tukang yang ditunjuk Ponpes. Insya allah uang akan turun awal bulan Mei tahun 2021 ke rekening Tim Pelaksana di Ponpes,” tuturnya.

Dalam rapat tersebut, Kakan Kemenag Dharmasraya, H. Abdel Haq meminta kepada Pimpinan Pondok Pesantren untuk melaporkan progres pelaksanaan pembangunan MCK itu setiap minggunya. Di samping itu, pelaksanaan pengerjaannya harus diawasi langsung oleh Pimpinan Pondok Pesantren beserta warganya. Karena yang akan memanfaatkan MCK itu adalah Santriwan dan Santriwati.

“Ingat, ini adalah amanah dan penghargaan dari pemerintah, yang harus kita hargai dengan penuh tanggung jawab,” ingatnya. (Ind/Shd)