Pembinaan Teknis, Ikhtiar Meningkatkan Kualitas Layanan KUA

Pembinaan Teknis, Ikhtiar Meningkatkan Kualitas Layanan KUA

Sarilamak, Humas--Kementerian Agama Lima Puluh Kota terus melakukan berbagai ikhtiar peningkatan kualitas layanan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan yang merupakan ujung tombak Kemenag di tengah-tengah umat. Hal tersebut ditegaskan kembali H. Naharudin, Kakan Kemenag Lima Puluh Kota disaat membuka secara resmi kegiatan Pembinaan Teknis Peningkatan Mutu Layanan KUA Kecamatan, Selasa (27/04) bertempat di Aula Sago Bungsu Lubuk Batingkok. Kegiatan strategis tersebut diikuti oleh 35 orang peserta yang terdiri dari Kepala KUA, Penghulu serta pelaksana pada jajaran Bimas Islam.

Lebih lanjut Kakan Kemenag menjelaskan, “KUA merupakan garda terdepan dalam membentuk citra positif layanan Kementerian Agama, oleh sebab itu kualitas layanan yang ada di KUA akan menjadi tolak ukur capaian reformasi birokrasi yang menjadi komitmen Kementerian Agama secara nasional."

"Oleh sebab itu, saya berharap agar seluruh layanan yang ada di KUA  memiliki SOP yang jelas serta dapat diukur sebagai bahan evalausi peningkatan kinerja," jelas alumni Candung ini

Dijelaskan juga bahwa, ”Proses globalisasi dengan dukungan kemajuan teknologi modren khususnya teknologi informatika telah merubah pranata sosial masyarakat, budaya serta prilaku masyarakat secara umum, hal tersebut merupakan tantangan yang harus direspon dengan meningkatkan kompetensi serta kualitas layanan dalam era industri 4.0  khususnya di jajaran KUA Kecamatan," harap Kakan Kemenag.

Terkait dengan reformasi birokrasi Kakan Kemenag menjelaskan, "Reformasi birokrasi merupakan langkah strategis untuk membangun ASN agar lebih berdaya guna dan berhasil guna dalam menjalankan tupoksi yang melekat pada ASN tersebut, oleh sebab itu keberhasilan reformasi birokrasi di jajaran KUA akan tergambar pada kualitas layanan prima yang ada di KUA Kecamatan," tegas suami tercinta Rina Heroza ini.

Disisi lain Kakan Kemenag berharap agar kegiatan pembinaan hari ini dapat melahirkan komitmen baru bagi seluruh jajaran KUA Kecamatan dalam memastikan lahirnya lompatan kualitas layanan di KUA Kecamatan. 

"Saya harap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan strategis ini dengan sebaik-baiknya," simpul Kakan Kemenag

Sebelumnya H. Safrijon, Kasi Bimas Islam Kemenag Lima Puluh Kota dihadapan awak media menerangkan, ”Kegiatan pembinaan dilaksanakan dengan tetap mernerapkan protokol kesehatan yang aman dari penyebaran Covid-19, saya bisa pastikan seluruh peserta dan panitia  menerapkan gerakan 5 M selama kegiatan," tegas putra blok M ini.

Dijelaskan juga bahwa kegiatan pembinaan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan KUA, setiap tahun Kemenag Lima Puluh Kota terus melakukan berbagai evalausi layanana yang ada di KUA, hal tersebut penting untuk melahirkan program peningkatan layanan yang sudah ada, salah satu program tersebut adalah kegiatan hari ini.

Terpisah Budiman Aziz Kepala KUA Gunung Omeh yang menjadi peserta kegiatan menyampaikan, “Secara pribadi saya menyambut baik kegiatan pembinaan ini, melalui kegiatan seperti ini, diharapkan akan lahir inovasi serta terobosan baru dari KUA Kecamatan dalam upaya meningkatkan kualitas layanan," simpul Budiman Aziz. (APP)