Kultum Ba’da Zhuhur di MAN 4 Agam, Ajang Keagamaan Yang Memprimadona

Kultum Ba’da Zhuhur di MAN 4 Agam, Ajang Keagamaan Yang Memprimadona
Kultum Ba’da Zhuhur di MAN 4 Agam, Ajang Keagamaan Yang Memprimadona
Kultum Ba’da Zhuhur di MAN 4 Agam, Ajang Keagamaan Yang Memprimadona

Koto Kaciak humas­_ Kegiatan kultum ba’da shalat Zhuhur berjamaah setiap bulan Ramadhan merupakan salah satu dari sederetan kegiatan keagamaan di MAN 4 Agam. kegitan ini dimotori oleh OSIM MAN 4 Agam dibawah binaan WAKA kesiswaan dan Pembina OSIM MAN 4 Agam.

Kegiatan kultum ini dipusatkan di masjid Baitul Halim, kebanggaan MAN 4 Agam. Dihadiri oleh seluruh civitas akademika MAN 4 Agam; siswa/i, guru dan pegawai MAN 4 Agam. Acara diawali dengan shalat Zhuhur berjamaah. Untuk pengikat kehadiran siswa, dilakukan pengambilan absensi yang dikoordinasi oleh OSIM MAN 4 Agam setelah acara selesai.

OSIM MAN 4 Agam sebelumnya telah dengan sigap mengatur jadwal pelaksanaan kultum per-kelas. Bahkan untuk memotivasi siswa/i diadakan penilaian pelaksana kultum. Terlihat sejak pertama diangkatkan pada tanggal 15-26/04 partisipasi siswa cukup tinggi. Setiap kelas berlomba menampilkan kreasi yang terbaik. “setiap kelas telah berusaha menampilkan wakil-wakil terbaiknya dan mereka cukup kompetitif. Bahkan mereka berebut agar bisa tampil sebagai pelaksana kultum, seakan kultum ini hal yang memprimadona bagi siswa”,  ungkap Yurisa, Pembina OSIM MAN 4 Agam saat dikonfirmasi  terkait perkembangan animo siswa dalam kegiatan kultum ini.

 Dalam sambutannya Kepala MAN 4 Agam, Zulfahmi, M sangat mengapresiasi kegiatan kultum ini, setelah sebelumnya ditiadakan karena mewabahnya covid-19. “Kegiatan kultum ini adalah ajang mengasah bakat dalam bidang keagamaan bagi seluruh siswa MAN 4 Agam. Hari kamu dilatih, esok insyaa Allaah kamu akan menjadi orang besar yang sudah terbiasa menguasai forum” tutur Pak mimi memberi semangat kepada siswa yang hadir.

Setidaknya unsur-unsur yang ditampilkan dalam kegiatan kultum adalah; pembawa acara, pembaca Al Quran dan saritilawah, penceramah dan pembaca doa. Selanjutnya untuk koreksi dan masukan sebagai hal yang sangat diperlukan bagi siswa adalah arahan dan nasehat dari guru pembimbing yang diatur secara bergilir pula.

Sejauh ini pelaksanaan kultum ba’da shalat Zhuhurberjamaah di MAN 4 Agam berjalan lancar. Peserta yang mengikuti sangat antusias karena penampilan masing-masing kelas setiap harinya bagai kejutan. Masing-masing kelas memiliki kreasi dan sensasi yang berbeda sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Semoga melalui kegiatan kultum ini, akan terlahir para pembawa acara, dai’, mubaligh, qari/ah dan pembaca doa yang kompeten di masa mendatang. aamiin.. Desmayuni